Ads - After Header

Yang Aneh di Bulan Ramadhan di Bandung

Arsita Hemi Kusumastiwi

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan keistimewaan bagi umat Islam. Selain menjalankan ibadah puasa, umat Islam juga biasa melakukan berbagai tradisi dan kegiatan yang berkaitan dengan bulan suci ini. Di Indonesia, setiap daerah memiliki tradisi dan keunikan tersendiri dalam menyambut dan menjalani bulan Ramadhan. Salah satu kota yang memiliki tradisi unik di bulan Ramadhan adalah Bandung, ibu kota Jawa Barat.

Bandung, yang terkenal dengan keindahan alam, keragaman budaya, dan kelezatan kuliner, selalu menjadi magnet bagi wisatawan. Di bulan Ramadhan, Bandung juga menawarkan berbagai hal yang menarik dan aneh bagi para pengunjungnya. Berikut adalah beberapa hal yang aneh di bulan Ramadhan di Bandung:

  • Kantin Tjahaya, Surga Kuliner Tersembunyi di Bandung. Kantin Tjahaya adalah salah satu hidden restaurant yang menyajikan berbagai hidangan spesial Ramadhan yang menggugah selera. Dari Ayam Asap Pedas, Nasi Bali, Ayam Goreng Kelapa, Ayam Bekakak Pejantan, Sop Janda Tjahaya, Oseng Mercon, Sate Kere, hingga Telor Asin Orek Sambal Terasi Bawang, semua tersaji dengan cita rasa khas dan keunikan tersendiri. Sambal Tjahaya yang autentik nan segar menjadi pelengkap sempurna untuk setiap hidangan. Kantin Tjahaya memiliki tempat yang luas dan lapang sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan lezat dengan nyaman sambil menghirup udara segar.

  • Ruang Lapang, Tempat Buka Puasa di Tengah Alam. Ruang Lapang adalah salah satu hidden restaurant yang mengusung konsep outdoor. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin buka puasa di tengah alam. Banyak tenda-tenda yang menjadi ikonik di sana. Selain itu, tersedia juga api unggun di malam hari. Ruang Lapang berlokasi di Green Forest Resort, Cihideung, Bandung.

  • Kamar Nenek, Tempat Buka Puasa dengan Nuansa Nostalgia. Kamar Nenek adalah salah satu hidden restaurant yang bertemakan rumah nenek. Tempat ini bikin kita kangen rumah nenek lho. Atmosfer rumah nenek di restoran ini begitu terasa. Warna-warna ruang makan vintage, hingga konsep retro. Berbagai makanan dan minuman tersedia di sini. Dari mulai makanan Asia hingga Barat. Kamar Nenek berlokasi di Jl. Cipaganti 160, Bandung.

  • Trouit Cafe, Tempat Buka Puasa dengan Konsep Pantai. Trouit Cafe adalah salah satu hidden restaurant yang unik di Bandung. Konsep restorannya memiliki konsep pantai. Lebih tepatnya seperti di Pulau Dewata, Bali. Menu makanannya pun beragam, dan bercita rasa Asia. Wadah yang digunakan untuk makanannya begitu unik. Karena mereka pakai batok kelapa. Untuk harganya pun cukup bersahabat.

  • Tradisi Nyadran, Ziarah dan Bersih-bersih Makam Leluhur. Di Jawa Tengah, ada satu tradisi unik yang rutin dilaksanakan ketika bulan Ramadhan, namanya adalah tradisi nyadran. Tradisi Nyadran dilakukan dengan berziarah dan membersihkan makam leluhur. Setelah membersihkan makam, masyarakat di Jawa Tengah lalu membaca doa dan ditutup dengan makan bersama. Tradisi ini juga dilakukan oleh sebagian masyarakat di Bandung, terutama yang berasal dari Jawa Tengah. Tradisi ini bertujuan untuk mengenang dan menghormati leluhur, serta mempererat tali silaturahmi antara keluarga dan tetangga.

BACA JUGA  Apa Hukumnya Bila Puasa Ramadan Pertengahan Pas Pada Hari Jumat

Itulah beberapa hal yang aneh di bulan Ramadhan di Bandung. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga mendapatkan berkah dari Allah SWT. Aamiin.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer