Ads - After Header

Tanaman Jombang: Obat Tradisional untuk Dispepsia

Arsita Hemi Kusumastiwi

Dispepsia adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan rasa tidak nyaman, penuh, atau sakit di perut bagian atas. Dispepsia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, pola makan yang tidak sehat, infeksi, obat-obatan, atau penyakit lain. Dispepsia dapat mengganggu kualitas hidup dan produktivitas seseorang.

Salah satu cara untuk mengatasi dispepsia adalah dengan menggunakan tanaman jombang (Taraxacum officinale). Tanaman jombang adalah herba pendek, berbunga kuning dengan daun lebar mendatar dan tepinya berlekuk-lekuk. Tanaman ini masuk dalam suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) dan biasanya tumbuh di daerah lereng pegunungan, lapangan rumput, dan sisi jalanan daerah yang memiliki hawa sejuk .

Tanaman jombang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat tradisional untuk dispepsia. Berikut adalah beberapa alasan mengapa tanaman jombang dapat digunakan sebagai pengobatan dispepsia:

  • Tanaman jombang memiliki rasa yang manis, bersifat dingin dan terasa sedikit ada rasa pahit. Tanaman ini berkhasiat sebagai toksik pada liver dan darah. Selain itu, tanaman jombang juga memiliki khasiat antibiotik, menghilangkan bengkak, menghancurkan berbagai sumbatan, anti-radang, peluruh kencing, membersihkan panas dan racun serta dapat meningkatkan produksi empedu di dalam tubuh.
  • Tanaman jombang mengandung banyak zat aktif, seperti kholine, inulin, pectin, koumestrol, asparagin, taraxicin, tarxasterol, stigmasterol, choline, glukosa, fruktosa, violaxanthine, tanin, kalium, natrium, kalsium, copper, fosfor, silicon dan juga vitamin A, B1, B2, C dan D. Zat-zat ini dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan, melancarkan aliran empedu, menurunkan kadar gula darah, mengurangi peradangan, dan menangkal radikal bebas.
  • Tanaman jombang dapat digunakan sebagai obat yang diminum atau dioleskan. Untuk obat yang diminum, dapat merebus dan menumbuk sekitar 30 gram herba segar, lalu memerasnya. Untuk mengobati penyakit berat seperti kanker atau tumor, dosisnya dapat diperbanyak sampai 60 gram. Untuk obat yang dioleskan, dapat menghaluskan daun atau akar tanaman jombang, lalu mengompresnya pada bagian yang sakit.
BACA JUGA  Mengapa Video Visual Menjadi Media Pengobatan yang Efektif?

Tanaman jombang adalah salah satu contoh tanaman obat yang kaya akan manfaat dan khasiat. Tanaman ini dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan dispepsia yang alami, aman, dan murah. Namun, tanaman jombang juga memiliki beberapa efek samping, seperti alergi, iritasi kulit, atau gangguan pencernaan jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan tanaman jombang sebagai obat..

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer