Ads - After Header

Puasa Senin: Amalan Sunnah yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW

Arsita Hemi Kusumastiwi

Puasa Senin adalah salah satu amalan sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau memiliki alasan khusus mengapa memilih hari Senin untuk berpuasa. Apa saja alasan tersebut dan apa manfaatnya bagi kita?

Alasan Nabi Muhammad SAW Berpuasa Senin

Dari beberapa hadits yang diriwayatkan, terdapat tiga alasan utama mengapa Nabi Muhammad SAW berpuasa Senin, yaitu:

  • Hari Senin adalah hari kelahiran beliau. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW ditanya oleh seorang Arab Badui tentang puasa Senin, beliau menjawab: "Itu adalah hari ketika aku dilahirkan dan hari saat kenabian (wahyu) diturunkan kepadaku."
  • Hari Senin adalah hari ketika amal perbuatan diperlihatkan di hadapan Allah SWT. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dan lainnya, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Sesungguhnya amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa."
  • Hari Senin adalah hari ketika Nabi Muhammad SAW wafat. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Aku wafat pada hari Senin, dan aku dikebumikan pada hari Senin, dan aku akan dibangkitkan pada hari Senin."

Manfaat Puasa Senin bagi Umat Islam

Dari alasan-alasan di atas, kita dapat mengetahui beberapa manfaat puasa Senin bagi umat Islam, yaitu:

  • Puasa Senin adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat kelahiran, kenabian, dan kewafatan Nabi Muhammad SAW. Dengan berpuasa Senin, kita mengikuti sunnah beliau dan menghormati beliau sebagai utusan Allah SWT yang membawa rahmat bagi seluruh alam.
  • Puasa Senin adalah cara untuk mempersiapkan diri menghadapi pertanggungjawaban amal perbuatan di hadapan Allah SWT. Dengan berpuasa Senin, kita membersihkan diri dari dosa-dosa dan meningkatkan kualitas amal baik kita. Kita juga berharap agar amal kita diterima dan diridhai oleh Allah SWT.
  • Puasa Senin adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Dengan berpuasa Senin, kita meniru akhlak dan ibadah beliau yang merupakan teladan terbaik bagi umat Islam. Kita juga berdoa agar Allah SWT mengumpulkan kita bersama beliau di surga.
BACA JUGA  Siapa Firaun yang Hidup Bersamaan dengan Nabi Musa?

Kesimpulan

Puasa Senin adalah amalan sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dengan alasan-alasan yang sangat mulia. Puasa Senin memiliki banyak manfaat bagi umat Islam, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, mari kita berusaha untuk mengamalkan puasa Senin sebagai bentuk cinta dan penghormatan kita kepada Nabi Muhammad SAW, sekaligus sebagai cara untuk mendapatkan ridha dan rahmat Allah SWT.

: Maulid Nabi dan Puasa Hari Senin yang Dilakukan Rasulullah SAW Atas Kelahirannya
: Rahasia Nabi Muhammad Gemar Puasa Senin dan Kamis
: Puasa Senin Kamis.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer