Ads - After Header

Penglihatan Ilahi Nabi Zakharia: Momen Pencerahan di Zaman Kuno

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Nabi Zakharia, tokoh penting dalam agama Yahudi dan Kristen, dikenal karena serangkaian penglihatan yang ia terima dari Tuhan. Penglihatan-penglihatan ini tidak hanya penting bagi pemahaman agama tetapi juga memiliki nilai historis dan budaya yang signifikan.

Latar Belakang Historis

Zakharia hidup pada masa yang sama dengan nabi Hagai dan memulai kariernya sebagai nabi pada tahun kedua masa pemerintahan Darius, raja Persia, yaitu sekitar tahun 520 SM. Ia adalah keturunan imam dan berkarya di antara orang-orang yang telah pulang dari pembuangan di Babel.

Penglihatan Nabi Zakharia

Penglihatan Nabi Zakharia disampaikan sekitar tahun 520 – 518 SM, yang terdiri dari nubuat dan delapan penglihatan. Penglihatan-penglihatan ini ditunjukkan dalam bentuk simbol-simbol, seperti penunggang kuda dengan beraneka warna, empat tanduk dan empat tukang besi, malaikat-malaikat yang menerangkan penglihatan, gulungan kitab yang terbang, dan empat kereta terbang.

Momen Penerimaan Penglihatan

Penglihatan pertama yang diterima oleh Zakharia terjadi pada hari yang kedua puluh empat dari bulan yang kesebelas, yang dikenal sebagai bulan Syebat, pada tahun kedua zaman Darius. Dalam penglihatan tersebut, ia melihat seorang yang menunggang kuda merah dan berdiri di antara pohon-pohon murad.

Pesan dan Makna

Pesan yang disampaikan melalui penglihatan-penglihatan ini sering kali berkaitan dengan kehidupan dalam kekudusan dan memiliki sikap moral yang jujur. Zakharia juga mewartakan bahwa akan ada perbaikan tanah, kemakmuran, dan kedamaian. Ia memiliki pemikiran bahwa peristiwa kembalinya bangsa Israel dari pembuangan di Babel adalah suatu peristiwa eskatologis dan mesianis.

Kesimpulan

Penglihatan Nabi Zakharia merupakan bagian penting dari tradisi keagamaan dan memberikan wawasan tentang pemikiran dan harapan pada masa itu. Penglihatan-penglihatan tersebut tetap relevan hingga hari ini sebagai sumber inspirasi dan bimbingan spiritual.

BACA JUGA  Kedermawanan Nabi Muhammad SAW di Bulan Ramadhan

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer