Ads - After Header

Nabi Muhammad: Yatim Piatu Sejak Usia Enam Tahun

Arsita Hemi Kusumastiwi

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah seorang nabi dan rasul terakhir yang diutus oleh Allah untuk membawa syariat Islam yang sempurna dan universal. Beliau adalah manusia yang paling mulia, paling berbudi, dan paling dicintai oleh Allah. Namun, beliau juga mengalami berbagai cobaan dan ujian sejak kecil, salah satunya adalah menjadi yatim piatu.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam lahir pada tahun gajah, yaitu tahun 570 Masehi, di kota Mekkah. Ayah beliau bernama Abdullah bin Abdul Muthalib, seorang pemimpin suku Quraisy yang terhormat. Ibunya bernama Aminah binti Wahab, seorang wanita yang mulia dan salehah. Namun, ayah beliau meninggal dunia ketika beliau masih dalam kandungan ibunya. Sehingga, beliau lahir dalam keadaan yatim.

Beliau disusui oleh ibunya selama tiga hari, kemudian oleh Suwaibah, seorang budak milik pamannya Abu Lahab, selama beberapa hari. Setelah itu, beliau disusui oleh Halimah as-Sa’diyah, seorang wanita dari suku Bani Sa’d, selama empat tahun. Halimah mengasuh beliau dengan penuh kasih sayang dan merasakan banyak keberkahan dari beliau.

Ketika berusia enam tahun, beliau diajak oleh ibunya untuk mengunjungi kota Yatsrib (Madinah), tempat ayahnya dimakamkan. Di sana, ibunya menunjukkan kepada beliau rumah dan makam ayahnya. Beliau juga bertemu dengan keluarga ayahnya yang tinggal di sana. Mereka tinggal di sana selama satu bulan, kemudian kembali ke Mekkah. Namun, dalam perjalanan pulang, ibunya sakit parah dan meninggal dunia di desa Abwa. Dengan demikian, beliau menjadi yatim piatu, yang tidak memiliki ayah dan ibu.

Beliau kemudian diasuh oleh kakeknya, Abdul Muthalib, yang sangat mencintai dan melindungi beliau. Namun, kakeknya juga meninggal dunia ketika beliau berusia delapan tahun. Setelah itu, beliau diasuh oleh pamannya, Abu Thalib, yang juga sangat sayang dan menjaga beliau. Beliau tumbuh menjadi seorang pemuda yang jujur, amanah, dan berakhlak mulia. Beliau dikenal dengan julukan al-Amin (yang dapat dipercaya) dan ash-Shadiq (yang benar).

BACA JUGA  Perbedaan 25 Nabi dengan Nabi yang Lainnya dalam Islam

Meskipun mengalami kesusahan dan kesedihan sejak kecil, beliau tidak pernah mengeluh atau berputus asa. Beliau selalu bersyukur dan berdoa kepada Allah. Beliau juga selalu berbuat baik kepada orang lain, terutama kepada anak-anak yatim piatu. Beliau sangat menghormati dan menyayangi mereka, karena beliau merasakan bagaimana rasanya menjadi yatim piatu. Beliau juga mengajarkan umatnya untuk berlaku lembut dan murah hati kepada anak-anak yatim piatu. Beliau bersabda:

“Barangsiapa yang mengasuh seorang anak yatim, baik dari keluarganya atau dari keluarga orang lain, maka ia dan aku akan seperti ini di surga.” Kemudian beliau menunjukkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya.

Demikianlah kisah singkat tentang Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang menjadi yatim piatu sejak usia enam tahun. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dan inspirasi dari kisah beliau. Semoga kita dapat mengikuti jejak dan sunnah beliau. Semoga kita dapat mencintai dan menghormati beliau. Semoga kita dapat bersama beliau di surga. Aamiin.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer