Ads - After Header

Nabi Adam: Manusia Pertama dan Nabi Pertama dalam Al-Quran

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT untuk diturunkan ke bumi. Dia juga merupakan manusia pertama yang berperan sebagai nabi dan rasul. Nabi Adam dijuluki sebagai Abu al-Basyar (nenek moyang manusia) atau father of humanity.

Dalam Al-Quran, Allah SWT menjelaskan proses dan tahapan penciptaan Nabi Adam. Mulai dari tanah sampai wujud manusia yang bernyawa. Semua proses itu sudah dijelaskan dalam Al-Quran.

Tahap pertama, Nabi Adam diciptakan dari tanah. Allah SWT berfirman:

Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya, "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia. (Q.S Ali ‘Imran [3] : 59)

Tahap kedua, Nabi Adam diciptakan dari tanah yang dicampuri air. Dalam Al-Quran diistilahkan dengan kata ‘Thin’. Allah SWT berfirman:

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menciptakan manusia dari tanah." (Q.S Shad [38] : 71)

Tahap ketiga, Nabi Adam diciptakan dari tanah liat kering. Allah SWT berfirman:

Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk. (Q.S Al-Hijr [15]: 26)

Tahap keempat, Nabi Adam diciptakan dari tanah liat yang berasal dari lumpur yang baik. Allah SWT berfirman:

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (Q.S Al-Mu’minun [23] : 12-14)

Tahap kelima, Nabi Adam ditiupkan roh oleh Allah SWT. Allah SWT berfirman:

Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya dan meniupkan kepadanya roh (ciptaan)-Ku, maka hendaklah kamu tersungkur dengan sujud kepadanya. (Q.S Shad [38] : 72)

Setelah diciptakan, Nabi Adam diberi berbagai ilmu dan keistimewaan oleh Allah SWT. Dia diberi nama-nama segala sesuatu, dia diberi kewenangan mengurus bumi, dan dia diberi pasangan hidup bernama Hawa. Nabi Adam juga pernah tinggal di surga bersama Hawa, namun keduanya diusir karena tergoda oleh setan untuk memakan buah terlarang. Nabi Adam kemudian bertaubat kepada Allah SWT dan mendapatkan ampunan-Nya.

BACA JUGA  Apakah Sholat Wajib Membaca Doa Iftitah?

Nabi Adam adalah nabi pertama yang ditugaskan untuk menyampaikan risalah Allah SWT kepada manusia. Dia mengajarkan tauhid, ibadah, dan akhlak yang baik kepada anak cucunya. Nabi Adam juga menghadapi berbagai cobaan dan tantangan dari setan dan manusia-manusia yang durhaka. Nabi Adam wafat pada usia 930 tahun.

Nabi Adam adalah manusia pertama dan nabi pertama dalam Al-Quran. Dia adalah nenek moyang semua manusia dan teladan bagi kita semua. Semoga kita dapat mengikuti jejak dan ajaran Nabi Adam dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Amin.

: Nabi Adam dalam Al-Quran: Manusia Pertama di Muka Bumi
: 25 Nama Nabi dan Rasul Secara Berurutan Beserta Kisahnya

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer