Ads - After Header

Malam Ganjil Ramadhan: Mencari Lailatul Qadar

Arsita Hemi Kusumastiwi

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di mana umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Namun, ada sesuatu yang sangat spesial tentang 10 hari terakhir bulan ini, terutama pada malam-malam ganjil, yang dikenal sebagai malam Lailatul Qadar.

Keistimewaan Malam Ganjil

Malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri karena dipercaya sebagai malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam ini, umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan doa, karena malam ini merupakan malam turunnya Al-Qur’an dan malam penuh berkah.

Jadwal Malam Ganjil

Jadwal malam ganjil dapat ditentukan berdasarkan kalender Hijriah. Misalnya, jika tanggal 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada tanggal 23 Maret 2023, maka malam ganjil 10 hari terakhir Ramadhan adalah sebagai berikut:

  • Malam 21 Ramadhan: 11-12 April 2023
  • Malam 23 Ramadhan: 13-14 April 2023
  • Malam 25 Ramadhan: 15-16 April 2023
  • Malam 27 Ramadhan: 17-18 April 2023
  • Malam 29 Ramadhan: 19-20 April 2023.

Doa dan Amalan di Malam Ganjil

Selama malam-malam ini, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa khusus dan melakukan amalan-amalan tertentu. Salah satu doa yang disunnahkan untuk dibaca adalah:

markdown
Allahumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni

Artinya: "Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf, Engkau menyukai maaf, maka maafkanlah aku."

Kesimpulan

Malam ganjil di bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat berharga bagi umat Muslim untuk beribadah dan memohon ampunan. Dengan meningkatkan doa dan amalan, kita dapat mencari keberkahan Lailatul Qadar, malam yang dijanjikan penuh dengan rahmat dan maghfirah dari Allah SWT.

BACA JUGA  Puasa Wajib: Keutamaan dan Manfaatnya yang Luar Biasa

: Suara.com

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer