Ads - After Header

Keutamaan dan Manfaat Sodaqoh di Bulan Ramadhan

Arsita Hemi Kusumastiwi

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan rahmat Allah. Di bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amal shaleh, salah satunya adalah sodaqoh. Sodaqoh adalah memberikan sebagian harta atau benda yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkan dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan. Sodaqoh termasuk salah satu bentuk ibadah yang sangat dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya. Ada banyak dalil yang menunjukkan keutamaan dan manfaat sodaqoh, terutama di bulan Ramadhan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Sodaqoh di Bulan Ramadhan Dilipatgandakan Pahalanya

Allah Ta’ala berfirman:

مَّن جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَن جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Barangsiapa yang datang dengan (membawa) kebaikan, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat kebaikan yang serupa itu dan barangsiapa yang datang dengan (membawa) kejahatan, maka dia tidak dibalasi, melainkan seimbang dengan kejahatan itu saja, dan mereka tidak dirugikan. (QS. Al-An’am: 160)

Ayat ini menunjukkan bahwa setiap amal kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah sebanyak sepuluh kali lipat. Namun, di bulan Ramadhan, pahala kebaikan akan dilipatgandakan lebih banyak lagi, sebagaimana hadits berikut:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا، فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَحَرِّينَ، وَمَنْ تَحَرَّى الْخَيْرَ فِي رَمَضَانَ كَانَ كَمَنْ أَدَّى سِتِّينَ حَجَّةً، وَمَنْ أَدَّى سِتِّينَ حَجَّةً فِي رَمَضَانَ كَانَ كَمَنْ أَدَّى أَرْبَعَةَ آلَافِ حَجَّةً، وَمَنْ أَدَّى أَرْبَعَةَ آلَافِ حَجَّةً فِي رَمَضَانَ كَانَ كَمَنْ أَدَّى أَرْبَعَةَ آلَافِ حَجَّةً فِي بَيْتِ اللَّهِ الْحَرَامِ، وَمَنْ تَصَدَّقَ فِي رَمَضَانَ بِشَيْءٍ مِنْ طَعَامٍ أَوْ شَرَابٍ أَوْ مَالٍ أَوْ ثَوْبٍ أَوْ نَحْوِهِ كَانَ كَمَنْ أَطْعَمَ النَّاسَ جَمِيعًا، وَمَنْ أَطْعَمَ النَّاسَ جَمِيعًا فِي رَمَضَانَ كَانَ كَمَنْ أَطْعَمَ النَّاسَ جَمِيعًا فِي بَيْتِ اللَّهِ الْحَرَامِ، وَمَنْ أَطْعَمَ النَّاسَ جَمِيعًا فِي بَيْتِ اللَّهِ الْحَرَامِ كَانَ كَمَنْ أَطْعَمَ النَّاسَ جَمِيعًا مِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi. Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang bangun pagi-pagi. Barangsiapa yang mencari kebaikan di bulan Ramadhan, maka dia seperti orang yang menunaikan enam puluh kali haji. Barangsiapa yang menunaikan enam puluh kali haji di bulan Ramadhan, maka dia seperti orang yang menunaikan empat ribu kali haji. Barangsiapa yang menunaikan empat ribu kali haji di bulan Ramadhan, maka dia seperti orang yang menunaikan empat ribu kali haji di Baitullah. Barangsiapa yang bersedekah di bulan Ramadhan dengan sesuatu dari makanan, minuman, harta, pakaian, atau yang semisalnya, maka dia seperti orang yang memberi makan kepada seluruh manusia. Barangsiapa yang memberi makan kepada seluruh manusia di bulan Ramadhan, maka dia seperti orang yang memberi makan kepada seluruh manusia di Baitullah. Barangsiapa yang memberi makan kepada seluruh manusia di Baitullah, maka dia seperti orang yang memberi makan kepada seluruh manusia dari makanan surga." (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jamul Kabir, no. 11497, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib, no. 1004)

Hadits ini menunjukkan bahwa sodaqoh di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat karena sodaqoh adalah amal kebaikan, kemudian berdasarkan Al A’raf ayat 16 khusus amalan sodaqoh di bulan Ramadhan dilipatkan-gandakan lagi sesuai kehendak Allah.

BACA JUGA  ARTIKEL: Bolehkah Puasa Nabi Daud di Hari Jumat?

Sodaqoh di Bulan Ramadhan Menjadi Bukti Keimanan dan Kedermawanan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan di antara manusia, dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan. Hal ini menunjukkan bahwa sodaqoh di bulan Ramadhan adalah salah satu bukti keimanan dan kedermawanan seorang muslim. Berikut adalah hadits yang menerangkan hal ini:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ ج

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer