Ads - After Header

Kapan Solat Istikharah Dilakukan Menurut Sunnah Nabi Muhammad?

Arsita Hemi Kusumastiwi

Solat Istikharah adalah solat sunnah yang dikerjakan untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT ketika seseorang dihadapkan pada beberapa pilihan dan ingin memilih yang terbaik. Berikut adalah informasi terperinci mengenai waktu pelaksanaan solat Istikharah sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Waktu Pelaksanaan Solat Istikharah

Solat Istikharah dapat dilakukan kapan saja yang diinginkan, kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk solat, seperti saat matahari terbit, tergelincir, atau terbenam. Namun, ada beberapa waktu yang disunnahkan dan dianggap lebih utama, yaitu:

  • Sepertiga Malam Akhir: Waktu ini dianggap sangat mustajab untuk berdoa dan memohon petunjuk kepada Allah SWT.
  • Sebelum Waktu Sholat Subuh: Merupakan waktu yang dianjurkan untuk melakukan ibadah sunnah, termasuk solat Istikharah.
  • Antara Azan dan Iqomah: Waktu ini juga merupakan kesempatan untuk berdoa dan beribadah.
  • Akhir Waktu Sholat Wajib: Setelah menunaikan sholat wajib, dianjurkan untuk melanjutkan dengan ibadah sunnah.
  • Saat Turun Hujan: Doa di waktu hujan dipercaya lebih dekat untuk dikabulkan.
  • Di Malam Lailatul Qadar: Malam yang lebih baik dari seribu bulan ini juga merupakan waktu yang sangat baik untuk berdoa dan beribadah.

Tata Cara Pelaksanaan

Solat Istikharah dikerjakan sebanyak dua rakaat, di luar sholat wajib. Setelah salam, disunnahkan untuk membaca doa Istikharah, memohon kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk terbaik dalam urusan yang sedang dihadapi.

Doa Istikharah

Doa yang dibaca setelah solat Istikharah adalah sebagai berikut:

markdown
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ (ا َوْ قَالَ: عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ) فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ (أَوْ قَالَ: فِيْ عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ) فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

BACA JUGA  Berapa Kali Malaikat Jibril Menemui Nabi Muhammad?

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar diberikan keputusan yang terbaik dalam urusan yang sedang dihadapi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kesimpulan

Solat Istikharah adalah sarana bagi seorang muslim untuk memohon petunjuk dan keputusan terbaik dari Allah SWT dalam setiap urusan. Waktu yang disunnahkan untuk melaksanakannya adalah pada malam hari, terutama di sepertiga malam terakhir, namun bisa juga dilakukan kapan saja selain waktu yang dilarang. Dengan solat Istikharah, seorang muslim menunjukkan kebergantungannya kepada Allah SWT dan kepercayaannya bahwa hanya Allah yang mengetahui yang terbaik bagi hamba-Nya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer