Ads - After Header

Kapan Puasa Ramadhan Tahun Ini?

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Puasa Ramadhan tahun 2024 di Indonesia akan dimulai pada 11 Maret 2024 menurut Pimpinan Pusat Muhammadiyah, berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal. Sementara itu, menurut kalender Hijriah Indonesia yang disusun oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI, awal puasa Ramadan 2024 atau tanggal 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada 12 Maret 2024.

Jadwal Puasa Ramadhan 2024

Berikut adalah jadwal puasa Ramadhan 2024 berdasarkan kalender Hijriah Indonesia:

  • Mulai Puasa: 12 Maret 2024
  • Berakhir Puasa: 9 April 2024

Waktu Sahur dan Iftar

Waktu sahur (sehar) dan iftar selama bulan Ramadhan juga telah ditentukan. Misalnya, pada hari pertama Ramadhan, waktu sahur dimulai pada pukul 06:20 AM dan waktu iftar pada pukul 07:17 PM.

Doa Ramadhan

Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia mengamalkan doa-doa khusus. Berikut adalah beberapa doa yang dapat diamalkan selama 10 hari pertama, kedua, dan ketiga Ramadhan:

  • Doa 10 Hari Pertama: رَّبِّ ٱغْفِرْ وَٱرْحَمْ وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰحِمِينَ
  • Doa 10 Hari Kedua: رَبَّنَا فَٱغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّـَٔاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ ٱلْأَبْرَارِ
  • Doa 10 Hari Ketiga: اَللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ

Kesimpulan

Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Dengan persiapan yang baik dan informasi yang akurat, kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk dan penuh berkah. Semoga Ramadhan tahun ini membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi kita semua.

BACA JUGA  Apa Niat Puasa Syawal

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer