Ads - After Header

Kapan Nabi Muhammad SAW Meninggal dan Hari Apa Beliau Dikuburkan?

Arsita Hemi Kusumastiwi

Nabi Muhammad SAW adalah rasul terakhir bagi umat Islam yang lahir pada tahun 570 M atau Tahun Gajah. Beliau mulai menerima wahyu pertama dari Allah SWT pada usia 40 tahun melalui perantaraan Malaikat Jibril. Sejak itu, beliau berdakwah di Mekkah dan kemudian hijrah ke Madinah untuk menyebarkan agama Islam hingga akhir hayatnya.

Kematian Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW wafat pada hari Senin, tanggal 8 Juni 632 M atau 12 Rabiul Awal tahun 11 H. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di rumah istrinya, Aisyah RA, di kota Madinah, pada usia 63 tahun.

Sebelum wafat, beliau sempat menunaikan ibadah haji ke Mekkah bersama para sahabat dan pengikutnya. Setelah itu, beliau menyampaikan sebuah pidato terkenal yang disebut sebagai Khotbah Perpisahan (Khotbah Wada) di Gunung Arafah di timur Mekkah. Dalam pidato tersebut, beliau berpesan kepada umat Islam untuk menjaga persatuan, keadilan, dan akhlak mulia. Beliau juga menegaskan bahwa beliau telah menyampaikan risalah Allah SWT secara sempurna dan menyisakan dua petunjuk bagi umat Islam, yaitu Al Quran dan Sunnah.

Setelah kembali ke Madinah, beliau mulai merasakan sakit yang cukup parah, yang diduga akibat racun yang diberikan oleh seorang wanita Yahudi di Khaibar beberapa tahun sebelumnya. Beliau mengalami sakit kepala dan demam tinggi selama kurang lebih 14 hari. Meskipun demikian, beliau masih berusaha untuk mengimami salat berjemaah selama 11 hari berturut-turut.

Pada hari Senin, 8 Juni 632 M, beliau meninggal di pangkuan Aisyah RA, dengan posisi kepalanya berada di antara dada dan leher istrinya tersebut. Beliau mengucapkan kalimat syahadat sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

BACA JUGA  Berapa Lama Nabi Muhammad Berjuang di Madinah?

Pemakaman Nabi Muhammad SAW

Ketika mendengar kabar kematian Nabi Muhammad SAW, banyak sahabat dan pengikutnya yang tidak percaya dan terpukul. Umar bin Khattab RA bahkan mengancam akan membunuh siapa saja yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW telah meninggal. Hanya Abu Bakar RA yang tetap tenang dan mengingatkan umat Islam bahwa Nabi Muhammad SAW adalah manusia biasa yang akan kembali kepada Allah SWT. Beliau juga mengutip ayat Al Quran yang berbunyi:

Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh, kamu berbalik ke belakang? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka dia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikit pun. Dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (Ali Imran: 144)

Setelah itu, para sahabat dan pengikut Nabi Muhammad SAW melakukan salat jenazah secara individu, tanpa seorang imam. Mereka juga bermusyawarah tentang tempat pemakaman Nabi Muhammad SAW. Ada yang mengusulkan untuk menguburkan beliau di dekat mimbar masjid, ada yang mengusulkan untuk menguburkan beliau di Baqi, dan ada yang mengusulkan untuk menguburkan beliau di Mekkah. Namun, akhirnya mereka sepakat untuk menguburkan beliau di tempat beliau meninggal, yaitu di rumah Aisyah RA.

Pemakaman Nabi Muhammad SAW dilakukan pada malam hari, setelah selesai menggali kuburan di dalam rumah Aisyah RA. Jenazah beliau dimasukkan ke dalam kuburan dengan posisi menghadap kiblat. Para sahabat dan pengikut Nabi Muhammad SAW bergantian untuk melemparkan tanah ke atas kuburan beliau.

Sekarang, kuburan Nabi Muhammad SAW berada di dalam Kompleks Masjid Nabawi di Madinah, yang saat ini di bawah naungan Kubah Hijau. Kuburan beliau berada di samping kuburan Abu Bakar RA dan Umar bin Khattab RA, yang merupakan dua khalifah pertama umat Islam. Kuburan-kuburan tersebut tidak dapat dilihat secara langsung oleh umat Islam, karena terhalang oleh tembok dan tirai. Namun, umat Islam dapat mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad SAW dan kedua sahabatnya tersebut ketika berkunjung ke Masjid Nabawi.

BACA JUGA  Ibnu Ishaq dan Narasi tentang Nabi Muhammad

Kesimpulan

Nabi Muhammad SAW adalah rasul terakhir bagi umat Islam yang lahir pada tahun 570 M dan wafat pada tahun 632 M. Beliau wafat di rumah istrinya, Aisyah RA, di kota Madinah, pada usia 63 tahun. Beliau dikuburkan di tempat yang sama, yaitu di dalam rumah Aisyah RA, yang sekarang menjadi bagian dari Kompleks Masjid Nabawi. Kuburan beliau berada di samping kuburan Abu Bakar RA dan Umar bin Khattab RA, yang merupakan dua khalifah pertama umat Islam.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang kisah kematian dan pemakaman Nabi Muhammad SAW. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

: Sejarah 8 Juni dalam Islam, Wafatnya Nabi Muhammad SAW – detikcom
: Kisah Wafatnya Nabi Muhammad pada 8 Juni 632 – Kompas.com
: Kematian Muhammad – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
: Kisah Di Balik 3 Makam Di Masjid Nabawi: Kematian Dan Pemakaman Nabi …
: Kematian Muhammad – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
: Kisah Di Balik 3 Makam Di Masjid Nabawi: Kematian Dan Pemakaman Nabi …
: Kisah Di Balik 3 Makam Di Masjid Nabawi: Kematian Dan Pemakaman Nabi …

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer