Ads - After Header

Kapan Lebaran Haji di Mekah Tahun 2019?

Arsita Hemi Kusumastiwi

Lebaran Haji, yang juga dikenal sebagai Hari Raya Idul Adha, adalah salah satu hari raya Islam yang paling penting. Pada tahun 2019, Lebaran Haji di Mekah jatuh pada tanggal 11 Agustus. Ini adalah hari ketika umat Islam dari seluruh dunia berkumpul di Mekah untuk melaksanakan ibadah haji, salah satu dari lima rukun Islam.

Perjalanan Haji 2019

Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia merilis rencana perjalanan haji tahun 2019 melalui akun Twitter resminya. Rencana perjalanan haji dimulai dari tanggal 6 Juli hingga 16 September 2019. Berikut adalah rangkaian perjalanan haji sesuai dengan rencana yang dirilis oleh Kemenag:

  • 7 Juli 2019: Gelombang pertama jemaah haji diberangkatkan dari Indonesia ke Madinah.
  • 16 Juli 2019: Jemaah haji dari gelombang pertama diantar ke Mekkah.
  • 20 Juli 2019: Gelombang kedua jemaah haji diberangkatkan dari Indonesia ke Madinah.
  • 28 Juli 2019: Jemaah haji dari gelombang kedua diantar ke Mekkah.
  • 9 Agustus 2019: Jemaah haji melakukan persiapan jelang berangkat ke Arafah (hari Tarwiyah).
  • 10 Agustus 2019: Perjalanan wukuf di Arafah.
  • 11 Agustus 2019: Ibadah shalat Idul Adha di Masjidil Haram.
  • 12-14 Agustus 2019: Jemaah haji melakukan kegiatan di Mina, termasuk lempar jumrah dan prosesi tahallul serta thawaf ifadah.

Setelah melaksanakan serangkaian acara, jemaah haji akan dipulangkan ke Tanah Air. Gelombang pertama direncanakan dipulangkan pada 29 Agustus 2019, sementara gelombang kedua pada 15 September 2019.

Pentingnya Idul Adha

Idul Adha, atau Lebaran Haji, dirayakan sebagai memperingati ketaatan Nabi Ibrahim dalam mengikuti perintah Allah untuk mengorbankan putranya, Ismail. Namun, sebelum pengorbanan terjadi, Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba. Oleh karena itu, umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban sebagai simbol pengorbanan.

BACA JUGA  Berapa Lama Ibadah Haji Dilakukan?

Kesimpulan

Lebaran Haji di Mekah pada tahun 2019 adalah momen yang sangat berarti bagi umat Islam di seluruh dunia. Ini bukan hanya tentang pelaksanaan ibadah haji yang merupakan puncak dari keimanan seorang Muslim, tetapi juga tentang nilai-nilai pengorbanan dan ketaatan yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim. Bagi Indonesia, perjalanan haji tahun 2019 telah terstruktur dengan baik dan memberikan pengalaman spiritual yang mendalam bagi para jemaahnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai rencana perjalanan haji, Anda dapat mengunjungi situs resmi Kementerian Agama atau mengikuti akun Twitter @informasi_haji.

: Kalender Hari Libur Nasional Indonesia 2019 – PublicHolidays.co.id
: Kemenag Rilis Rencana Perjalanan Haji 2019, Ini Alurnya – KOMPAS.com

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer