Ads - After Header

Haji Ifrad: Hanya Haji Tanpa Umrah

Arsita Hemi Kusumastiwi

Haji ifrad adalah salah satu jenis ibadah haji yang dilakukan oleh umat Islam dengan hanya mengerjakan haji tanpa umrah. Ibadah ini menjadi pilihan bagi mereka yang tinggal di Makkah atau di dalam batas miqat, atau bagi mereka yang ingin menghemat biaya dan waktu. Haji ifrad juga tidak mewajibkan denda atau dam dalam bentuk penyembelihan kambing, berbeda dengan haji tamattu’ dan qiran.

Dalil Haji Ifrad

Dalil pelaksanaan haji ifrad berlandaskan pada hadits yang berasal dari ‘Aisyah RA, ia berkata, "Kami keluar bersama Rasulullah SAW pada tahun ketika beliau melaksanakan haji Wada’. Di antara kami ada yang berihram untuk umrah, berihram untuk umrah dan haji (haji qiran), dan ada pula yang berihram untuk melaksanakan haji saja. Sementara Rasulullah berihram untuk haji. Adapun yang berihram untuk haji atau yang berihram dengan menggabungkan antara haji dan umrah, maka mereka tidak bertahallul hingga pada hari Nahar (tanggal 10 Zulhijah)." (HR Bukhari dan Muslim)

Tata Cara Haji Ifrad

Tata cara melaksanakan haji ifrad adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam keadaan ihram di miqat dengan niat melakukan haji. Ketika talbiyah mengucapkan lafaz, Labbaika bi-hajjin. Artinya: "Aku memenuhi panggilan-Mu untuk haji."
  • Sampai di Makkah, lakukan tawaf al-qudum. Tawaf ini tidak wajib, tetapi sunnah. Jika tidak mampu, boleh ditinggalkan.
  • Shalat dua rakaat di Maqam Ibrahim (jika memungkinkan) dan minum air zam-zam.
  • Setelah tawaf, sa’i bisa dilakukan segera, atau ditunda hingga setelah melakukan tawaf al-ziyarah. Menunda sa’i adalah lebih utama.
  • Tidak melakukan halq atau taqsir. Tetap dalam keadaan ihram dan baru melepasnya pada hari nahar.
  • Pergi ke Mina, Arafah, dan Muzdalifah, dan melakukan semua rukun dan sunnah haji.
  • Tidak wajib menyembelih hewan kurban. Namun, disunnahkan untuk melakukannya.
BACA JUGA  Bagaimana Cara Cek Keberangkatan Haji dengan Mudah dan Cepat?

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer