Ads - After Header

Fungsi Thawaf: Pilar Spiritual dalam Ibadah Haji

Arsita Hemi Kusumastiwi

Thawaf merupakan salah satu rukun haji yang esensial, di mana jamaah haji mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Thawaf tidak hanya merupakan ritual fisik, tetapi juga memiliki makna spiritual yang mendalam bagi umat Islam.

Pengertian Thawaf

Secara bahasa, thawaf berarti mengelilingi. Dalam konteks ibadah haji, thawaf adalah amalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran dengan posisi Ka’bah di sebelah kiri. Thawaf adalah simbol dari kepatuhan dan ketaatan kepada Allah, setiap putaran diambil dengan penuh kesungguhan dan kekhusyukan.

Fungsi Thawaf

1. Tawaf Rukun

Tawaf rukun adalah tawaf yang wajib dilakukan dalam ibadah haji dan umrah. Tawaf ini terbagi menjadi dua, yaitu tawaf ifadah atau ziarah dan tawaf rukun umrah. Tawaf ifadah dilaksanakan setelah jemaah haji pulang dari Mina.

2. Tawaf Qudum

Tawaf qudum adalah tawaf yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Ka’bah ketika pertama kali memasuki Masjidil Haram. Tawaf ini sunnah bagi jemaah haji ifrad atau qiran dan tidak disunahkan bagi jemaah haji tamattu.

3. Tawaf Sunat

Tawaf sunat dikerjakan dalam tiap kesempatan masuk ke Masjidil Haram tanpa diikuti dengan sa’i, yaitu berjalan dari Safa ke Marwah.

4. Tawaf Wada

Tawaf wada’ adalah tawaf perpisahan dengan Tanah Haram dan Mekah. Jemaah memanjatkan syukur kepada Allah atas seluruh rangkaian ibadah yang telah diselesaikan dan memohon keselamatan selama perjalanan pulang.

Syarat dan Jenis Tawaf

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika melakukan tawaf, seperti suci dari hadas, niat, menutup aurat, dan lain-lain. Selain itu, ada beberapa jenis tawaf dengan hukum dan waktu pelaksanaannya yang berbeda-beda.

BACA JUGA  Makna Ibadah Haji Adalah

Thawaf adalah lebih dari sekedar ritual; ia adalah ekspresi dari perjalanan spiritual seorang Muslim yang mencari kedekatan dengan penciptanya. Setiap langkah di sekitar Ka’bah adalah langkah dalam perjalanan iman yang lebih besar, mengingatkan jamaah akan siklus kehidupan dan keabadian akhirat.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer