Ads - After Header

Doa Sesudah Bersuci: Keutamaan dan Manfaatnya

Arsita Hemi Kusumastiwi

Doa sesudah bersuci adalah doa yang dibaca setelah melakukan wudhu atau mandi besar. Doa ini merupakan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diajarkan kepada umat Islam. Doa ini berisi pengakuan akan keesaan Allah, kesaksian akan kenabian Muhammad, permohonan untuk menjadi orang yang bertaubat dan bersih, serta pujian kepada Allah.

Keutamaan Doa Sesudah Bersuci

Doa sesudah bersuci memiliki keutamaan yang sangat besar bagi orang yang membacanya. Berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi dan disahihkan oleh Syaikh Al-Albani, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Siapa yang berwudhu dengan memperbagus wudhunya, lalu ia mengucapkan ‘ASY-HADU ALLA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKALAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA ROSULUH, ALLOHUMMAJ’ALNII MINATTAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIIN’, dengan ia membacanya melainkan akan dibukakan baginya delapan pintu surga, ia akan masuk lewat pintu mana saja yang ia mau.

Dari hadits ini, kita dapat mengetahui bahwa doa sesudah bersuci adalah salah satu kunci untuk masuk surga. Selain itu, doa ini juga merupakan pengakuan akan tauhid, yang merupakan dasar iman seorang Muslim. Doa ini juga mengandung kesaksian akan kenabian Muhammad, yang merupakan rukun Islam kedua. Doa ini juga mengandung permohonan untuk menjadi orang yang bertaubat dan bersih, yang merupakan sifat yang dicintai Allah.

Manfaat Doa Sesudah Bersuci

Doa sesudah bersuci tidak hanya memiliki keutamaan, tetapi juga manfaat yang dapat dirasakan oleh orang yang membacanya. Beberapa manfaat doa sesudah bersuci adalah:

  • Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah.
  • Menjaga kesucian hati dan badan dari dosa dan najis.
  • Mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah.
  • Menjadi lebih siap dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah, terutama shalat.
  • Mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah.
BACA JUGA  Niat Mandi Bersuci dari Haid: Panduan Lengkap dan Terkini

Cara Membaca Doa Sesudah Bersuci

Doa sesudah bersuci dapat dibaca dengan mudah dan cepat setelah selesai berwudhu atau mandi besar. Doa ini dapat dibaca dengan menggunakan bahasa Arab, Latin, atau Indonesia, asalkan maknanya sama. Berikut adalah doa sesudah bersuci dalam ketiga bahasa tersebut:

Bahasa Arab

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Latin

ASY-HADU ALLA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKALAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA ROSULUH, ALLOHUMMAJ’ALNII MINATTAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIIN.

Indonesia

Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci.

Demikianlah artikel ringkas tentang doa sesudah bersuci. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Aamiin.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer