Ads - After Header

Doa Pulang Haji Latin: Panduan dan Manfaat

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Setelah menunaikan ibadah haji, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa sebagai ungkapan syukur dan harapan agar ibadah yang telah dilakukan diterima oleh Allah SWT. Doa ini juga merupakan bagian dari tradisi yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut adalah beberapa doa yang dapat dibaca oleh jemaah haji setelah menunaikan ibadah haji dalam bahasa Latin beserta terjemahannya.

Doa Berangkat dari Rumah

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ ḫaula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm

Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.

Doa Setelah Duduk dalam Kendaraan

Bismillâhi majr)hâ wa mursâhâ, inna rabbî laghafûrur raḫîm

Dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang (QS Hud: 41).

Doa ketika Kendaraan Mulai Bergerak

Bimillâhir-raḫmânir-raḫîm. Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar.

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah Mahabesar. Allah Mahabesar. Allah Mahabesar.

Doa ketika Tiba di Tempat Tujuan

Allâhumma innî as-aluka khairahâ wa khaira ahlihâ wa khaira mâ fîhâ wa a‘ûzubika min syarrihâ wa syarri ahlihâ wa syarri mâ fîhâ

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan apa pun yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan tempat ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan apa pun yang ada di dalamnya.

Doa Sepulang Haji

Ayibuna, ta’ibuna, ‘abiduna, sajiduna li rabbina hamidun.

(Kami) kembali, bertobat, menyembah, bersujud kepada Tuhan kami, dan memuji.

BACA JUGA  Penyebab Membayar Dam Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW dan dibaca sepanjang perjalanan pulang dari haji, sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan agar seluruh amalan haji diterima oleh Allah SWT. Doa ini juga merupakan simbol dari kembali ke kehidupan sehari-hari dengan semangat baru untuk terus beribadah dan berbuat baik.

Membaca doa-doa ini tidak hanya membantu mempertahankan spiritualitas setelah menunaikan ibadah haji, tetapi juga mengingatkan akan pentingnya kesabaran, ketawakalan, dan kebersyukuran dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan membaca doa-doa ini, kita semua dapat membawa hikmah dan berkah dari ibadah haji ke dalam kehidupan kita.


Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer