Ads - After Header

Berapa Lama Nabi Adam Tinggal di Surga?

Arsita Hemi Kusumastiwi

Dalam tradisi Islam, kisah Nabi Adam AS dan masa tinggalnya di surga sebelum diturunkan ke bumi merupakan topik yang menarik dan telah diperdebatkan oleh para ulama. Berikut adalah ringkasan informasi terbaru dan relevan mengenai topik ini:

Pendapat Para Ulama

Para ulama memiliki perbedaan pendapat mengenai durasi tinggal Nabi Adam AS di surga:

  • Sehari Menurut Hitungan Dunia: Berdasarkan hadits narasi Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa Nabi Adam AS diciptakan pada hari Jumat, pada hari itu pula ia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu juga ia dikeluarkan darinya.
  • Enam Hari di Dunia: Ibnu Abbas berpendapat bahwa satu hari di surga setara dengan enam hari di dunia, yang berarti Nabi Adam AS mungkin tinggal di surga selama 6.000 tahun waktu dunia jika penciptaan dan pengusirannya terjadi pada hari yang berbeda.
  • 30 Tahun atau 43 Tahun 4 Bulan: Ada pendapat yang menyatakan bahwa Nabi Adam AS tinggal di surga selama 30 tahun atau 43 tahun lebih 4 bulan sebelum diturunkan ke bumi.

Tabel Durasi Tinggal Nabi Adam di Surga

Pendapat Durasi
Sehari Menurut Hitungan Dunia 1 Hari
Enam Hari di Dunia 6.000 Tahun
30 Tahun atau 43 Tahun 4 Bulan 30 – 43 Tahun 4 Bulan

Kesimpulan

Kisah Nabi Adam AS di surga adalah bagian dari kepercayaan Islam yang mengajarkan tentang asal-usul manusia dan konsekuensi dari tindakan mereka. Meskipun terdapat perbedaan pendapat mengenai durasi tinggal Nabi Adam AS di surga, semua pendapat ini menggarisbawahi pentingnya ketaatan kepada perintah Allah SWT.

: Detikcom
: Detikcom

BACA JUGA  Kapan Solat Istikharah Dilakukan Menurut Sunnah Nabi Muhammad?

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer