Ads - After Header

Ayah Nabi Zulkifli: Nabi Ayyub yang Terkenal dengan Kesabaran dan Ketaatannya

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Nabi Zulkifli adalah salah satu tokoh yang disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai orang yang sabar, saleh, mendapat rahmat, dan termasuk orang-orang pilihan yang paling baik. Namun, tidak banyak keterangan mengenai jati diri atau kisahnya dalam Al-Qur’an. Siapakah ayah nabi zulkifli yang menjadi asal-usulnya?

Nama Asli dan Julukan

Nama asli nabi zulkifli adalah Basyar. Nama Zulkifli adalah julukan yang diberikan kepadanya ketika ia menjadi seorang raja di negeri Syam. Zulkifli secara harfiah bermakna "pemilik Kifli" atau "yang empunya Kifli". Ada beberapa pendapat mengenai makna Kifl, antara lain:

  • Kifl adalah kata Arab kuno yang berarti "ganda", juga digunakan untuk menyebut lipatan kain. Nama Zulkifli umumnya dipahami memiliki arti "salah satu dari bagian ganda".
  • Kifl adalah nama sebuah kota di Irak yang menjadi tempat tinggal nabi zulkifli. Nama Zulkifli berarti "orang yang berasal dari Kifl".
  • Kifl adalah nama sebuah bukit di Syam yang menjadi tempat nabi zulkifli beribadah. Nama Zulkifli berarti "orang yang sering berada di Kifl".
  • Kifl adalah nama sebuah sungai di Syam yang menjadi sumber air bagi nabi zulkifli. Nama Zulkifli berarti "orang yang bergantung pada Kifl".

Keturunan dari Nabi Ayyub

Ayah nabi zulkifli adalah nabi Ayyub, yang juga disebut sebagai Job dalam tradisi Yahudi dan Kristen. Nabi Ayyub adalah keturunan dari nabi Ibrahim melalui putranya yang bernama Ishaq. Dengan demikian, nabi zulkifli adalah cucu dari nabi Ibrahim.

Nabi Ayyub terkenal dengan kesabaran dan ketaatannya kepada Allah SWT, meskipun ia mengalami berbagai cobaan dan musibah yang berat. Ia kehilangan harta bendanya, anak-anaknya, dan kesehatannya. Ia juga digoda oleh iblis untuk mengeluh dan mengingkari Allah SWT, tetapi ia tetap bersabar dan bersyukur.

BACA JUGA  Kaum Nabi Isa: Hawariyyun, Kelompok Orang yang Taat

Nabi zulkifli mewarisi sifat ayahnya dalam hal kesabaran, keshalehan, keadilan, dan kesederhanaan. Ia juga menghadapi godaan dari iblis, tetapi ia tidak pernah marah, berdusta, atau berbuat dosa. Ia selalu berpuasa siang hari, beribadah malam hari, dan mengurus rakyatnya dengan baik.

Kesimpulan

Nabi zulkifli adalah salah satu tokoh yang disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai orang yang sabar, saleh, mendapat rahmat, dan termasuk orang-orang pilihan yang paling baik. Namun, tidak banyak keterangan mengenai jati diri atau kisahnya dalam Al-Qur’an. Ayah nabi zulkifli adalah nabi Ayyub, yang juga disebut sebagai Job dalam tradisi Yahudi dan Kristen. Nabi Ayyub adalah keturunan dari nabi Ibrahim melalui putranya yang bernama Ishaq. Nabi zulkifli mewarisi sifat ayahnya dalam hal kesabaran, keshalehan, keadilan, dan kesederhanaan. Nama asli nabi zulkifli adalah Basyar. Nama Zulkifli adalah julukan yang diberikan kepadanya ketika ia menjadi seorang raja di negeri Syam. Zulkifli secara harfiah bermakna "pemilik Kifli" atau "yang empunya Kifli". Ada beberapa pendapat mengenai makna Kifl, yang bisa berhubungan dengan nama sebuah kota, bukit, sungai, atau kata yang berarti "ganda".

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer