Ads - After Header

Apa Tugas Nabi Muhammad SAW sebagai Utusan Allah SWT?

Arsita Hemi Kusumastiwi

Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir dan rasul terbaik yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran Islam kepada seluruh umat manusia. Beliau memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dan mulia, yaitu membawa rahmat bagi alam semesta. Apa saja tugas Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT? Mari kita simak penjelasannya dalam artikel ini.

Tugas Nabi Muhammad SAW sebagai Utusan Allah SWT

Tugas Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT dapat kita ketahui dari Al-Qur’an dan hadits. Berdasarkan sumber-sumber tersebut, tugas Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT antara lain adalah:

  • Menyampaikan dakwah. Tugas utama Nabi Muhammad SAW adalah menyampaikan dakwah, yaitu menyeru manusia untuk beriman dan bertauhid kepada Allah SWT, serta mengikuti syariat-Nya. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Maidah ayat 67:

Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya.

  • Membawa perubahan. Tugas Nabi Muhammad SAW juga adalah membawa perubahan yang bersifat memperbaharui, yaitu menghapuskan kejahilan, kemusyrikan, kezaliman, dan kekufuran, serta menggantinya dengan ilmu, tauhid, keadilan, dan keimanan. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Jumu’ah ayat 2:

Dialah yang mengutus kepada orang-orang yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah.

  • Menjadi teladan. Tugas Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah menjadi teladan bagi umat manusia, baik dalam perkataan, perbuatan, maupun akhlak. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Ahzab ayat 21:

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

  • Menegakkan keadilan. Tugas Nabi Muhammad SAW juga adalah menegakkan keadilan di muka bumi, yaitu memberantas segala bentuk penindasan, diskriminasi, dan ketidakadilan, serta melindungi hak-hak kaum lemah, miskin, dan tertindas. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Hadid ayat 25:

Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan Kami turunkan bersama mereka Al-Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan.

  • Membawa rahmat. Tugas Nabi Muhammad SAW yang terakhir adalah membawa rahmat bagi alam semesta, yaitu menyebarkan kasih sayang, kedamaian, dan kesejahteraan kepada seluruh makhluk Allah SWT, baik manusia, hewan, tumbuhan, maupun benda-benda. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Anbiya ayat 107:

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Tabel Perbandingan Tugas Nabi Muhammad SAW dengan Nabi dan Rasul Lainnya

Untuk memperjelas tugas Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT, berikut adalah tabel perbandingan tugas Nabi Muhammad SAW dengan nabi dan rasul lainnya.

BACA JUGA  Makan Sesuai Sunnah Nabi: Kesehatan dan Spiritualitas dalam Islam
Nama Nabi/Rasul Tugas Utama Kaum yang Disampaikan
Nabi Adam AS Menjadi khalifah di bumi Umat manusia pertama
Nabi Nuh AS Menyelamatkan diri dan pengikutnya dari banjir besar Kaum Nuh yang durhaka
Nabi Ibrahim AS Menyembelih putranya Ismail AS sebagai ujian Kaum Babilonia dan Kanaan
Nabi Musa AS Membebaskan Bani Israil dari penindasan Firaun Bani Israil dan kaum Samiri
Nabi Isa AS Menghidupkan orang mati dan menyembuhkan orang buta dengan izin Allah Bani Israil dan kaum Nasrani
Nabi Muhammad SAW Menyampaikan dakwah, membawa perubahan, menjadi teladan, menegakkan keadilan, dan membawa rahmat Seluruh umat manusia hingga akhir zaman

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa tugas Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT adalah sangat berat dan mulia. Beliau memiliki tugas yang lebih luas dan universal daripada nabi dan rasul lainnya, yaitu menyampaikan ajaran Islam kepada seluruh umat manusia hingga akhir zaman. Tugas Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT meliputi menyampaikan dakwah, membawa perubahan, menjadi teladan, menegakkan keadilan, dan membawa rahmat bagi alam semesta. Semoga kita dapat mengikuti jejak dan sunnah Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan tugas kita sebagai umat Islam. Amin.

: Surat Al-Maidah ayat 67
: Surat Al-Jumu’ah ayat 2
: Surat Al-Ahzab ayat 21
: Surat Al-Hadid ayat 25
: Surat Al-Anbiya ayat 107

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer