Ads - After Header

Andre Taulany Minta Maaf atas Ucapannya yang Dianggap Menghina Nabi Muhammad

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Andre Taulany, seorang komedian dan presenter televisi, menjadi sorotan publik karena ucapannya yang dianggap menghina Nabi Muhammad SAW dalam acara Ini Talkshow NET TV. Ucapan Andre tersebut terjadi saat ia bersama Sule mewawancarai Virzha Idol, yang menceritakan tentang kisah harum badan Nabi Muhammad SAW yang diibaratkan seperti seribu bunga. Andre kemudian berkomentar, "Aromanya seribu bunga? Itu badan atau kebon?"

Ucapan Andre ini menuai kecaman dari netizen, yang menuduhnya telah melecehkan Rasulullah SAW. Sejak Kamis, 2 Mei 2019, sudah ada 54 ribu cuitan tentang Andre di Twitter dalam 16 jam. Netizen menumpahkan kemarahan kepada suami Erin Taulany dan cuitan itu memuncaki Trending Twitter di Indonesia. Andre juga telah dilaporkan ke Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya karena ucapannya dinilai telah menghina Nabi Muhammad SAW.

Andre Taulany kemudian menyambangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat pada Sabtu, 4 Mei 2019, untuk meminta maaf terkait ucapannya tersebut. Andre mengaku sama sekali tidak ada niatan untuk menghina. "Jujur demi Allah Pak Kiai, saya tidak pernah berniat dan bermaksud untuk seperti itu. Saya adalah seorang muslim juga, taat terhadap ajaran agama Islam dan saya sangat mencintai Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam," kata Andre di depan KH Cholil Nafis, Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI.

KH Cholil Nafis pun merespons ucapan Andre itu dengan mengatakan bahwa dia sudah mengetahui dari masyarakat dan informasi yang beredar di media sosial soal ucapan Andre yang jadi polemik. Dia mengaku sempat terkejut, namun kemudian setelah mendengar penjelasan langsung dia menyadari bahwa candaan itu di luar kesadaran Andre. Dia pun meminta kasus ini jadi pelajaran. "Mungkin peristiwa ini menjadi pelajaran bahwa bercanda, suatu yang ingin disampaikan kepada msyarakat apalagi di media, berhati-hati ketika berkenaan dengan ajaran agama, apalagi berkenaan dengan pembawa agama yaitu Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, kita mencintai semua," ujar Cholil.

BACA JUGA  Siapa yang Bilang Nabi Sulaiman Penemu Candi Borobudur?

Setelah meminta maaf di MUI, Andre Taulany juga diistirahatkan dari program televisi yang ia bawakan. Hal ini diungkapkan oleh Produser Eksekutif NET TV, Agus Lasmono, melalui akun Instagram-nya. "Andre Taulany akan istirahat sejenak dari program-program kami. Mohon doanya agar Andre bisa kembali ke panggung hiburan dengan lebih baik lagi," tulis Agus pada Rabu, 8 Mei 2019.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer