Ads - After Header

Doa Sholat Dhuha Arab NU Online

Arsita Hemi Kusumastiwi

Sholat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dalam Islam. Ibadah ini dilakukan di waktu Dhuha, yaitu saat matahari telah naik sekitar satu tombak hingga menjelang waktu Zuhur. Berikut adalah ulasan mendetail mengenai doa Sholat Dhuha berdasarkan sumber NU Online.

Pengertian Sholat Dhuha

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah matahari terbit hingga waktu Dhuha berakhir, yaitu sekitar pukul 11 siang. Sholat ini minimal dikerjakan dua rakaat dan maksimal delapan rakaat.

Waktu Pelaksanaan

Waktu terbaik untuk melaksanakan Sholat Dhuha adalah ketika matahari telah naik sekitar satu tombak, atau kira-kira pukul 07.00 hingga 11.00 pagi. Waktu ini dianggap memiliki banyak keberkahan.

Niat Sholat Dhuha

Niat dalam sholat Dhuha adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya:

"Saya niat sholat sunnah Dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala."

Doa Sholat Dhuha

Setelah melaksanakan sholat Dhuha, disunnahkan untuk membaca doa khusus yang telah diajarkan oleh ulama. Berikut adalah doa yang dibaca setelah Sholat Dhuha:

Doa Setelah Sholat Dhuha

اللهُمَّ إِنَّ الصَّحَاءَ ضَحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بهاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ.
اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزَلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجُهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا (مُعَسَّرًا) فَيَسِرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهَرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرَبْهُ بِحَقِّ ضَحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِي مَا أَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya:

"Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, kuasa ini adalah kuasa-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah. Dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh."

BACA JUGA  Doa Buka Puasa Ramadan Sunnah: Menghidupkan Sunnah dengan Doa

Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sedekah untuk Tubuh: Setiap rakaat dari Sholat Dhuha dianggap sebagai sedekah yang mencukupi untuk setiap tulang dalam tubuh manusia.
  • Penghapus Dosa: Sholat Dhuha juga dianggap sebagai amalan yang dapat menghapus dosa-dosa kecil.
  • Pembuka Rezeki: Banyak yang berpendapat bahwa Sholat Dhuha dapat menjadi sarana untuk memohon rezeki yang barokah dari Allah SWT.

Kesimpulan

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Dengan melaksanakannya, seorang Muslim tidak hanya mendapatkan pahala, tetapi juga keberkahan dalam rezeki dan kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan bagi umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah Sholat Dhuha.

Wallahu a‘lam.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer