Ads - After Header

Doa Qunut dalam Bahasa Indonesia

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Doa Qunut adalah salah satu doa yang sering dibaca oleh umat Islam dalam sholat, terutama pada waktu sholat Subuh dan Witir. Doa ini memiliki makna yang dalam dan mencakup permohonan kepada Allah SWT untuk mendapatkan petunjuk, perlindungan, keampunan, dan keberkahan.

Pengertian dan Kedudukan Doa Qunut

Doa Qunut adalah doa yang dibaca setelah bangkit dari ruku’ pada rakaat terakhir dalam sholat Subuh atau Witir. Menurut madzhab Syafi’i dan Maliki, hukum membaca doa Qunut adalah sunnah muakkad, terutama pada sholat Subuh, sholat Witir dalam sholat Tarawih pada malam ke-16 bulan Ramadhan hingga akhir bulan, dan pada sholat Istisqa’ (minta hujan).

Sejarah Doa Qunut

Doa Qunut telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya. Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Hasan Bin Ali Bin Abi Thalib, Rasulullah SAW mengajarkan beberapa kalimat doa yang hendaknya dibaca ketika Qunut Witir.

Perbedaan Pendapat Ulama

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai pembacaan doa Qunut. Sebagian ulama, seperti pengikut Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad, berpendapat bahwa Qunut tidak disunnahkan, terutama dalam sholat Subuh, berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud.

Bacaan Doa Qunut

Berikut adalah bacaan doa Qunut dalam bahasa Arab, disertai dengan transliterasi Latin dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia:

Bacaan dalam Bahasa Arab

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

BACA JUGA  Doa Iftitah Berdasarkan Hadits Shahih

Transliterasi Latin

Allahumma hdinii fiiman hadait, wa ‘aafinii fiiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawallait, wa baarik lii fiimaa a’thait, wa qinii syarra maa qadhait, fa innaka taqdhi wa laa yuqdhaa ‘alaik, wa innahu laa yadzillu man waalait, wa laa ya’izzu man ‘aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait, falakal hamdu ‘alaa maa qadhait, wa astaghfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi washahbihi wasallam.

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

"Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, maafkanlah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau maafkan, tolonglah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau tolong, berkatilah aku dalam semua pemberian-Mu, dan peliharalah aku dari keburukan qada-Mu. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang memberi keputusan dan tiada seorang pun yang menetapkan keputusan terhadap-Mu, dan sesungguhnya tidak akan terhina orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami lagi Maha Tinggi, bagi-Mu-lah segala puji atas semua keputusan-Mu. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu, dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

Manfaat dan Keutamaan Doa Qunut

Doa Qunut memiliki banyak manfaat dan keutamaan, di antaranya adalah:

  • Mendapatkan Petunjuk: Doa ini memohon kepada Allah SWT untuk diberikan petunjuk, sebagaimana orang-orang yang telah mendapatkan petunjuk-Nya.
  • Perlindungan dari Keburukan: Doa Qunut juga memohon perlindungan dari segala keburukan dan bencana yang mungkin terjadi.
  • Pengampunan Dosa: Melalui doa ini, kita memohon pengampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.
  • Keberkahan: Doa Qunut memohon keberkahan dalam segala hal yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Kesimpulan

Doa Qunut adalah salah satu doa yang penting dalam ibadah sholat bagi umat Islam. Doa ini tidak hanya dibaca untuk memohon kebaikan di dunia, tetapi juga di akhirat. Dengan memahami dan mengamalkan doa Qunut, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon segala kebaikan dari-Nya.

BACA JUGA  Doa Nabi Yunus: Petikan Penuh Harapan dari Al-Qur'an

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer