Ads - After Header

Doa Tahiyat Akhir: Kehormatan dan Penghormatan dalam Salat

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Doa Tahiyat Akhir merupakan bagian penting dari salat yang dilakukan oleh umat Islam sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Bacaan ini diucapkan pada posisi duduk akhir dalam salat, setelah sujud kedua dan sebelum salam. Berikut adalah informasi terbaru dan relevan mengenai doa Tahiyat Akhir.

Bacaan Doa Tahiyat Akhir

Bacaan doa Tahiyat Akhir dalam bahasa Arab, dilengkapi dengan transliterasi Latin dan artinya adalah sebagai berikut:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ . أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَي مُحَمّدْ وعلى آلِ مُحَمَّد كَمَا صَلَّبْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلعَلَي مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد

Artinya:

"Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah, salam, rahmat, dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang saleh-saleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia di seluruh alam."

Posisi Duduk Tahiyat Akhir yang Benar

Posisi duduk pada tahiyat akhir dikenal dengan sebutan duduk tawaruk. Duduk tawaruk adalah posisi kaki kanan tegak lurus dan kaki kiri berada di bawah menyilang. Posisi tangan kiri diletakkan di atas paha dalam keadaan terbuka. Sedangkan tangan kanan menggenggam, kecuali jari telunjuk diacungkan sebagai isyarat.

BACA JUGA  Doa Setelah Sholat Al Azhar: Menjaga Keikhlasan dan Ketakwaan

Doa Setelah Tahiyat Akhir

Setelah membaca doa Tahiyat Akhir, ada doa yang disunnahkan untuk dibaca sebelum mengakhiri salat. Doa ini adalah sebagai perlindungan dari fitnah Dajjal dan berbagai cobaan di dunia dan akhirat.

اَلْلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيْحِ الدَجَّالِ

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka, siksa kubur, fitnah kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan fitnah al-Masih ad-Dajjal."

Doa Tahiyat Akhir dan doa setelahnya merupakan bagian dari rukun salat yang tidak boleh dilewatkan menurut Mahzab Syafi’i. Kedua doa ini mengandung makna yang dalam dan mencerminkan keimanan serta ketakwaan seorang muslim.


Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer