Ads - After Header

Doa Setelah Sholat Dhuha, Hajat, dan Tahajud: Kekuatan Spiritual dalam Islam

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Dalam kehidupan spiritual seorang Muslim, sholat sunnah seperti Dhuha, Hajat, dan Tahajud memiliki tempat yang istimewa. Sholat-sholat ini tidak hanya menawarkan kesempatan untuk merenung dan berkomunikasi dengan Sang Pencipta tetapi juga diikuti dengan doa-doa khusus yang dipercaya dapat membawa berkah dan pemenuhan hajat. Artikel ini akan membahas secara komprehensif tentang doa setelah sholat Dhuha, Hajat, dan Tahajud, berdasarkan informasi terbaru dan relevan.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Sholat Dhuha dilakukan setelah matahari sepenuhnya terbit dan memiliki waktu yang cukup luas hingga menjelang waktu Dzuhur. Doa yang dibaca setelah sholat Dhuha adalah sebagai berikut:

arabic
اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

Artinya, "Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kemuliaan adalah kemuliaan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, dan perlindungan adalah perlindungan-Mu."

Doa Setelah Sholat Hajat

Sholat Hajat dilakukan ketika seseorang memiliki keinginan atau hajat tertentu yang ingin dipanjatkan kepada Allah. Doa yang dibaca setelah sholat Hajat adalah:

arabic
لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Yang berarti, "Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Lembut dan Maha Mulia. Maha Suci Allah, Pemelihara Arasy yang Agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu segala sebab yang mendatangkan rahmat-Mu, dan segala yang menetapkan ampunan-Mu, serta keuntungan dari segala kebaikan, dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau tinggalkan dosa padaku kecuali Engkau ampuni, dan tidak ada kecemasan kecuali Engkau hilangkan, dan tidak ada kebutuhan yang Engkau ridhai kecuali Engkau penuhi, wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang berkasih."

BACA JUGA  Doa Nabi Yunus 1000x: Kekuatan Spiritual dalam Kesulitan

Doa Setelah Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah sholat malam yang dikerjakan setelah seseorang tidur, meskipun sebentar, dan dilakukan sebelum waktu Subuh. Doa yang dibaca setelah sholat Tahajud adalah:

arabic
اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya, "Ya Allah, Tuhan kami, bagi-Mu segala puji. Engkau adalah Pemelihara langit dan bumi serta apa yang ada di dalamnya. Bagi-Mu segala puji, Engkau adalah Raja langit dan bumi serta apa yang ada di dalamnya. Bagi-Mu segala puji, Engkau adalah Cahaya langit dan bumi serta apa yang ada di dalamnya. Bagi-Mu segala puji, Engkau adalah Kebenaran, janji-Mu adalah kebenaran, pertemuan dengan-Mu adalah kebenaran, firman-Mu adalah kebenaran, surga adalah kebenaran, neraka adalah kebenaran, para nabi adalah kebenaran, Muhammad SAW adalah kebenaran, dan hari kiamat adalah kebenaran. Ya Allah, kepada-Mu aku berserah, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku k

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer