Ads - After Header

Doa Buka Puasa yang Benar: Panduan dan Keutamaannya

Arsita Hemi Kusumastiwi

Berpuasa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama di bulan Ramadhan. Salah satu momen penting saat berpuasa adalah saat berbuka, di mana umat Islam dianjurkan untuk membaca doa. Doa buka puasa yang benar tidak hanya sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT tetapi juga sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Keutamaan Doa Buka Puasa

Doa buka puasa memiliki keutamaan tersendiri. Rasulullah SAW bersabda bahwa ada tiga doa yang tidak tertolak, yaitu doa orang yang berpuasa ketika berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang terzalimi[1].

Waktu yang Tepat untuk Berdoa

Waktu yang tepat untuk membaca doa buka puasa adalah saat memasuki waktu Maghrib atau saat awal tenggelamnya matahari. Ini adalah waktu mustajab, di mana doa-doa akan lebih mudah dikabulkan[1].

Doa Buka Puasa yang Benar

Berikut adalah beberapa versi doa buka puasa yang benar sesuai dengan hadits:

Versi Pertama

Arab:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Latin:

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya:
"Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah," (HR Abu Daud)[1].

Versi Kedua

Arab:

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latin:

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

Artinya:
"Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih," (HR Bukhari dan Muslim)[1].

BACA JUGA  Doa Tahiyat Akhir: Kehormatan dan Penghormatan dalam Salat

Kesimpulan

Membaca doa saat berbuka puasa adalah salah satu adab yang dianjurkan dalam Islam. Doa-doa ini mengandung keutamaan dan merupakan sarana untuk mendapatkan pahala serta keberkahan dari Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita amalkan doa buka puasa yang benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer