Ads - After Header

Doa Qunut: Panduan Lengkap dan Benar

Arsita Hemi Kusumastiwi

Doa Qunut adalah salah satu doa yang dibaca dalam sholat, khususnya pada waktu sholat Subuh, Witir, atau saat terjadi musibah (Qunut Nazilah). Berikut adalah informasi terbaru dan relevan tentang doa Qunut yang benar dan lengkap.

Pengertian Doa Qunut

Doa Qunut adalah doa yang dibaca setelah bangkit dari ruku’ pada rakaat terakhir dalam sholat, khususnya pada sholat Subuh menurut mazhab Syafi’i dan Maliki. Doa ini merupakan permohonan kepada Allah SWT untuk mendatangkan kebaikan dan menolak bahaya[1].

Bacaan Doa Qunut

Berikut adalah bacaan doa Qunut lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan terjemahannya:

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِىْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Terjemahan:
"Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagai mana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, maafkanlah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau maafkan, tolonglah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau tolong, berkatilah aku dalam semua pemberian-Mu, dan peliharalah daku berkat karunia-Mu dari keburukan qada-Mu. Karena sesungguhnya Engkaulah Yang memberi keputusan dan tiada seorangpun yang menetapkan keputusan terhadap-Mu, dan sesungguhnya tidak akan terhina orang yang Engkau musuhi. Maha suci Engkau wahai Tuhan kami lagi Maha tinggi, bagiMu-lah segala puji atas semua keputusan-Mu. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu, dan segala salawat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan juga segenap keluarga dan para sahabatnya."

BACA JUGA  Doa-Doa Penting untuk Sholat Dhuha

Hukum Membaca Doa Qunut

Membaca doa Qunut dalam sholat Subuh adalah sunnah muakkad (sangat dianjurkan) menurut mazhab Syafi’i dan Maliki. Namun, menurut mazhab Hanafi dan Hanbali, membaca doa Qunut tidak disunnahkan, terutama dalam sholat Subuh[1].

Waktu Membaca Doa Qunut

Doa Qunut biasanya dibaca pada rakaat kedua setelah selesai membaca tahmid pada saat I’tidal (berdiri tegak seperti posisi semula setelah melaksanakan ruku’) dan sebelum sujud[2].

Kesimpulan

Doa Qunut adalah bagian dari ibadah sholat yang memiliki makna mendalam dan merupakan sarana untuk memohon petunjuk, perlindungan, dan keberkahan dari Allah SWT. Praktik membaca doa Qunut dapat berbeda-beda tergantung pada mazhab yang diikuti, namun tujuannya tetap sama, yaitu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Untuk informasi lebih lanjut dan bacaan doa-doa lainnya, Anda dapat mengunjungi sumber-sumber yang terpercaya dan relevan[1][2].

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer