Ads - After Header

Kapan Bulan Ramadhan Tiba di Tahun 2019?

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Bulan Ramadhan, bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia, merupakan waktu untuk berpuasa, berdoa, dan merenung. Di tahun 2019, bulan Ramadhan dimulai pada Senin, 6 Mei 2019. Keputusan ini diambil setelah sidang Isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama Indonesia, yang berakhir pada Minggu sore, tanggal 5 Mei 2019.

Penentuan Awal Ramadhan

Penentuan awal Ramadhan dilakukan melalui pengamatan hilal atau bulan sabit yang baru muncul, yang menandakan masuknya bulan baru dalam kalender Islam. Di Indonesia, organisasi-organisasi Islam terbesar seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, sepakat bahwa 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada tanggal yang sama.

Persiapan Menyambut Ramadhan

Menjelang Ramadhan, umat Islam melakukan berbagai persiapan, baik secara spiritual maupun fisik. Ini termasuk memperbanyak ibadah sunnah, membaca Al-Qur’an, dan juga mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Durasi dan Kegiatan Selama Ramadhan

Ramadhan 2019 berlangsung selama 30 hari, dimulai dari 6 Mei hingga 4 Juni. Selama bulan ini, umat Islam diharapkan untuk meningkatkan kegiatan keagamaan mereka, termasuk tarawih (shalat malam), tadarus (membaca Al-Qur’an bersama), dan i’tikaf (berdiam diri di masjid untuk beribadah).

Kesimpulan

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di mana umat Islam berusaha untuk membersihkan jiwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tahun 2019 memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk kembali ke jalan yang benar dan meningkatkan amal ibadah mereka.


BACA JUGA  Apakah Boleh Melakukan Puasa Ramadhan Padahal Masih Ada Hutang Puasa?

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer