Ads - After Header

Apa Niat Puasa untuk Mengganti Puasa Ramadhan

Arsita Hemi Kusumastiwi

Puasa ganti Ramadhan, atau puasa qadha, adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim yang berhalangan menjalankan puasa Ramadhan sebelumnya dengan alasan yang syar’i. Ini adalah bentuk penghormatan terhadap bulan suci Ramadhan dan komitmen terhadap perintah Allah SWT.

Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadhan

Niat puasa ganti Ramadhan harus diucapkan dengan niat yang tulus karena Allah SWT. Berikut adalah bacaan niat yang bisa diucapkan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Dengan bacaan latin:

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’i fardhi syahri Ramadhāna lillāhi ta’ālā.

Artinya:

"Aku berniat puasa esok hari sebagai ganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Melaksanakan Puasa Ganti Ramadhan

Puasa ganti Ramadhan dapat dilakukan pada hari lain di luar bulan Ramadhan. Adapun tata cara melaksanakannya adalah sebagai berikut:

  1. Niat: Niat harus dilakukan antara waktu maghrib hingga sebelum subuh pada hari puasa.
  2. Pelaksanaan: Puasa dilaksanakan seperti puasa Ramadhan biasa, dimulai dari terbit fajar (subuh) hingga terbenam matahari (maghrib).
  3. Penggantian: Waktu mengganti puasa Ramadhan bisa dilakukan setelah Ramadhan hingga akhir bulan Sya’ban.

Fidyah bagi yang Tidak Mampu

Jika seseorang tidak mampu melaksanakan puasa ganti Ramadhan, maka bisa membayar fidyah atau memberi makan orang miskin. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 184.

Kesimpulan

Puasa ganti Ramadhan adalah praktik yang penting dan harus dilakukan dengan niat yang tulus serta sesuai dengan tata cara yang benar. Ini adalah bentuk kepatuhan dan penghormatan terhadap perintah Allah SWT serta komitmen terhadap ibadah puasa.

BACA JUGA  Apa Itu Ramadhan Bersama?

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu dalam mempersiapkan niat serta pelaksanaan puasa ganti Ramadhan dengan tepat dan benar.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer