Ads - After Header

Kapan Terakhir Mengganti Puasa Ramadhan?

Arsita Hemi Kusumastiwi

Puasa qadha adalah kewajiban bagi umat Muslim yang memiliki utang puasa Ramadan karena alasan yang sah, seperti sakit atau dalam perjalanan. Berikut adalah informasi terbaru dan relevan mengenai batas waktu untuk mengganti puasa Ramadan.

Batas Waktu Mengganti Puasa Ramadhan 2024

Menurut Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 1 Ramadan 1445 H jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. Oleh karena itu, batas waktu mengganti puasa Ramadhan adalah sehari sebelumnya, yaitu 10 Maret 2024. Namun, disarankan untuk menyelesaikan qadha puasa lebih awal, idealnya sebelum tanggal 9 Maret 2024, merujuk pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Tabel Batas Waktu Mengganti Puasa

Organisasi Tanggal 1 Ramadan 1445 H Batas Akhir Qadha Puasa
Muhammadiyah 11 Maret 2024 10 Maret 2024
Nahdlatul Ulama (NU) Menunggu sidang isbat Disarankan sebelum 9 Maret 2024

Hukum Orang yang Tidak Membayar Qadha Puasa Ramadhan

Jika seseorang tidak dapat menunaikan qadha puasa sebelum batas waktu yang ditentukan, maka ada beberapa pandangan ulama mengenai hal ini. Menurut ulama Hanafiyah, tidak ada batas akhir qadha puasa Ramadhan, dan dapat dilakukan kapan saja.

Kesimpulan

Dianjurkan bagi umat Muslim untuk segera menunaikan qadha puasa Ramadhan sebelum bulan Ramadhan berikutnya tiba. Untuk tahun 2024, sebaiknya qadha puasa diselesaikan sebelum tanggal 9 atau 10 Maret, tergantung pada penentuan awal Ramadhan oleh organisasi keagamaan masing-masing.

Untuk informasi lebih lanjut dan bacaan niat puasa qadha, Anda dapat mengunjungi sumber yang terpercaya.

BACA JUGA  Keutamaan Puasa Ramadhan: Jalan Menuju Ketakwaan dan Ampunan

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer