Ads - After Header

Doa Haji Mabrur: Kunci Menuju Surga

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Haji mabrur adalah dambaan setiap muslim yang berangkat ke tanah suci. Ini bukan hanya sekedar perjalanan, tapi sebuah transformasi spiritual yang membawa pelakunya lebih dekat kepada Sang Pencipta. Berikut adalah panduan lengkap tentang doa haji mabrur, yang merupakan salah satu aspek terpenting dari ibadah haji.

Pengertian Haji Mabrur

Haji mabrur adalah haji yang diterima oleh Allah SWT, atau dalam istilah Arab, maqbul. Hal ini berarti bahwa haji tersebut dilaksanakan dengan memenuhi semua syarat, rukun, dan wajib haji, serta dijauhi dari hal-hal yang dilarang selama ihram.

Keutamaan Haji Mabrur

Rasulullah SAW bersabda bahwa haji mabrur tidak memiliki balasan lain kecuali surga. Ini menunjukkan betapa besar nilai dan pahala yang akan diterima oleh seseorang yang hajinya mabrur.

Doa Haji Mabrur

Berikut adalah doa yang bisa diamalkan setelah melaksanakan ibadah haji agar menjadi haji yang mabrur:

اللهم اجْعَلْ حَجَّنَا حَجًّا مَبْرُوْرًا، وَعُمْرَةَنَا عُمْرَةً مَبْرُوْرًا، وَسَعْيَنَا سَعْيًا مَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَا ذَنْبًا مَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَا عَمَلًا صَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَةَنَا تِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ.

Latin:

Allahummaj’al hajjana hajjan mabrura, wa ‘umratan ‘umratan mabrura wasa’yana sa’yan masykuura wa dzanban dzanban maghfuura wa ‘amalana ‘amalan shaalihan maqbuula wa tijaaratan lan tabuura yaa ‘aalima maa fish shudur akhrijnaa minadh dhulumaati ilan nuur.

Artinya:

Ya Allah, jadikanlah haji kami haji yang mabrur (baik dan diterima), umrah kami umrah yang mabrur, sa’i kami sa’i yang disyukuri, dosa kami dosa yang diampuni, amal kami amal shaleh yang diterima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi, wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam dada, keluarkanlah kami dari kedzaliman menuju cahaya (keimanan).

BACA JUGA  Apakah Bisa Mengansur Dana Haji di Kemenag?

Cara Mendapatkan Haji Mabrur

Untuk mendapatkan haji mabrur, seorang jemaah harus:

  • Memiliki niat yang tulus karena Allah SWT.
  • Mematuhi semua aturan dan tata cara haji sesuai syariat Islam.
  • Menjauhi segala bentuk dosa dan perbuatan yang tidak baik selama menjalankan ibadah haji.
  • Memperbanyak doa dan dzikir, serta mengamalkan doa haji mabrur.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk menunaikan ibadah haji. Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk melaksanakan haji yang mabrur. Amin.

: Detikcom – Doa Haji Mabrur dalam Arab, Latin, dan Artinya
: Detikcom – Bacaan Doa Haji Mabrur: Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer