Ads - After Header

Wajah Nabi Muhammad: Ciri-ciri Fisik Sang Rasul yang Mulia

Arsita Hemi Kusumastiwi

Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang sangat dicintai dan diteladani oleh umat Islam di seluruh dunia. Beliau adalah utusan Allah SWT yang membawa risalah Islam sebagai agama rahmatan lil alamin. Namun, bagaimana sebenarnya gambaran wajah Nabi Muhammad SAW? Apakah ada foto atau lukisan yang menggambarkan wajah beliau?

Tidak Ada Foto atau Lukisan Wajah Nabi Muhammad SAW

Sebagai umat Islam, kita harus mengetahui bahwa tidak ada foto atau lukisan yang menggambarkan wajah Nabi Muhammad SAW. Hal ini karena pada zaman beliau, kamera belum ditemukan. Selain itu, melukis wajah atau membuat patung Rasulullah SAW juga dilarang untuk menjaga kemurnian aqidah kaum muslimin. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

"Sesungguhnya orang-orang yang paling keras siksaannya pada hari kiamat adalah orang-orang yang membuat (gambar) makhluk hidup." (HR. Bukhari dan Muslim)

Ciri-ciri Fisik Nabi Muhammad SAW Berdasarkan Hadis

Meskipun tidak ada foto atau lukisan wajah Nabi Muhammad SAW, kita bisa mengetahui ciri-ciri fisik beliau berdasarkan hadis-hadis yang diriwayatkan oleh para sahabat dan keluarga beliau. Berikut adalah beberapa ciri-ciri fisik Nabi Muhammad SAW yang telah disepakati oleh para ulama:

  • Postur tubuh beliau sedang, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Tubuh beliau menarik dan proporsional. Bagian badan di antara kedua pundaknya lebar. Ketika berjalan, tubuh beliau bergoyang.
  • Kulit beliau berwarna putih kemerah-merahan, tidak terlalu putih dan tidak terlalu gelap. Kulit beliau bersih dan bersinar.
  • Rambut beliau berwarna hitam pekat, lebat dan panjang hingga ujung rambutnya sampai menyentuh daun telinga bagian bawah. Rambut beliau tidak terlalu keriting dan tidak terlalu lurus. Beliau selalu merawat dan menyisir rambutnya sehingga selalu indah dan rapi.
  • Wajah beliau tidak tajam seperti pedang, tidak juga memanjang (tirus), tapi seperti matahari dan bulan yang bundar. Wajah beliau tidak terlalu bulat. Dahi beliau lebar dan rata. Keadaan wajah beliau ketika gembira adalah wajahnya seperti potongan bulan (yang indah).
  • Mata beliau lebar dengan bola mata sangat putih dan sangat hitam. Bulu matanya sangat hitam dan lentik. Alis matanya tebal dan bersambung. Beliau memiliki pandangan yang tajam dan penuh kebijaksanaan.
  • Hidung beliau mancung dan lurus. Ujung hidungnya sedikit terangkat. Lubang hidungnya lebar. Beliau memiliki aroma yang harum dan semerbak.
  • Mulut beliau lebar dan indah. Bibir beliau merah dan tipis. Gigi beliau putih dan rapi. Beliau memiliki gigi depan yang sedikit renggang. Beliau sering tersenyum dan tertawa.
  • Jenggot beliau lebat dan panjang hingga mencapai dada. Beliau selalu memotong jenggotnya sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki uban di rambut dan jenggotnya yang tidak mencapai dua puluh helai.
  • Suara beliau merdu dan lantang. Beliau berbicara dengan jelas dan fasih. Beliau memiliki ucapan yang bijak dan berhikmah. Beliau tidak banyak bicara kecuali untuk hal yang bermanfaat.
BACA JUGA  Mengapa Nabi Yeremia Disebut "Nabi yang Menangis"?

Kesimpulan

Wajah Nabi Muhammad SAW adalah wajah yang sangat tampan dan mulia. Beliau memiliki ciri-ciri fisik yang menarik dan proporsional. Beliau juga memiliki kharisma dan aura yang memancar dari wajah dan tubuhnya. Beliau adalah sosok yang patut dicintai dan diteladani oleh umat Islam. Semoga kita bisa mengikuti sunnah dan ajaran beliau dengan sebaik-baiknya. Amin.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer