Ads - After Header

Faal Olahraga: Ilmu yang Mempelajari Tubuh Manusia dalam Aktivitas Olahraga

Arsita Hemi Kusumastiwi

Faal olahraga adalah cabang ilmu yang mempelajari perubahan-perubahan fungsi atau cara kerja organ-organ tubuh manusia, baik yang bersifat sementara maupun yang bersifat menetap, karena melakukan pelatihan olahraga baik untuk tujuan kesehatan maupun prestasi. Faal olahraga juga dapat disebut sebagai ilmu fisiologi olahraga, karena berkaitan dengan proses-proses fisiologis yang terjadi pada tubuh manusia saat berolahraga.

Faal olahraga sebagai ilmu amalan (applied science) merupakan dasar dari ilmu kedokteran olahraga, ilmu gizi olahraga, ilmu biomekanika olahraga, dan ilmu psikologi olahraga. Faal olahraga juga dapat membantu para pelaku olahraga, seperti atlet, pelatih, guru, dan mahasiswa, untuk memahami prinsip-prinsip dasar dari olahraga, seperti aspek-aspek kesehatan, kebugaran, performa, dan pemulihan.

Beberapa topik yang dipelajari dalam faal olahraga antara lain adalah sistem energi, metabolisme, sistem kardiovaskular, sistem respirasi, sistem saraf, sistem endokrin, sistem muskuloskeletal, sistem imun, termoregulasi, adaptasi, dan aklimatisasi. Dengan mempelajari topik-topik tersebut, faal olahraga dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana tubuh manusia beradaptasi dan bereaksi terhadap berbagai jenis, intensitas, durasi, dan frekuensi olahraga.

Faal olahraga adalah ilmu yang sangat penting dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, kesehatan, dan olahraga. Dengan mempelajari faal olahraga, kita dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia melalui aktivitas olahraga yang tepat, aman, dan efektif.

BACA JUGA  Mengapa Berat Badan Naik Setelah Olahraga?

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer