Ads - After Header

Lebaran Haji 2024: Kapan dan Apa Maknanya?

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Lebaran haji adalah istilah yang digunakan untuk menyebut Hari Raya Idul Adha, salah satu hari besar umat Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriah. Pada tahun 2024, lebaran haji diperkirakan akan jatuh pada Senin, 17 Juni 2024 . Namun, penetapan resmi lebaran haji masih harus menunggu hasil sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Lebaran haji berkaitan erat dengan ibadah haji, yaitu rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim yang mampu. Ibadah haji dilakukan di tanah suci Mekkah dan sekitarnya, dengan mengikuti serangkaian ritual yang mengingatkan kembali kisah Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, dan Siti Hajar. Salah satu ritual utama dalam ibadah haji adalah wukuf di Padang Arafah, yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Lebaran haji juga merupakan hari untuk melaksanakan ibadah kurban, yaitu menyembelih hewan ternak seperti sapi, kambing, atau unta, sebagai bentuk pengorbanan dan ketaatan kepada Allah. Ibadah kurban mengambil inspirasi dari kisah Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya, Nabi Ismail, atas perintah Allah. Namun, Allah kemudian mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba.

Daging hewan kurban kemudian dibagi-bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan, sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas sesama Muslim. Selain itu, lebaran haji juga merupakan momen untuk saling memaafkan, bersilaturahmi, dan berbagi kebahagiaan dengan keluarga, saudara, dan tetangga.

Lebaran haji adalah hari yang penuh makna dan hikmah bagi umat Islam. Lebaran haji mengajarkan kita untuk berserah diri kepada Allah, berkorban untuk kebaikan, dan berempati dengan sesama. Semoga lebaran haji 2024 dapat membawa berkah dan kedamaian bagi kita semua. Aamiin.

BACA JUGA  Penyebab Membayar Dam Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer