Ads - After Header

Nabi Tapi Bukan Rasul: Siapa Saja Mereka?

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Nabi dan rasul adalah dua istilah yang sering digunakan dalam Islam untuk menyebut orang-orang yang mendapat wahyu dari Allah. Namun, apakah Anda tahu bahwa ada perbedaan antara nabi dan rasul? Dan apakah Anda tahu siapa saja nabi yang bukan rasul?

Perbedaan Nabi dan Rasul

Para ulama sepakat bahwa setiap rasul itu nabi, tetapi tidak setiap nabi itu rasul. Rasul adalah orang yang mendapat wahyu dari Allah dan wajib menyampaikannya kepada umatnya. Sedangkan nabi adalah orang yang mendapat wahyu dari Allah, tetapi tidak wajib menyampaikannya kepada umatnya.

Salah satu dalil yang menunjukkan perbedaan antara nabi dan rasul adalah firman Allah Ta’ala:

Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang rasul pun dan tidak (pula) seorang nabi. (QS. Al-Haj: 52)

Ayat ini menunjukkan bahwa rasul itu berbeda dengan nabi. Oleh karena itu, Allah Ta’ala gandengkan antara keduanya dengan huruf ‘athaf (kata sambung) الواو yang berarti "dan". Dan hukum asal penggandengan semacam ini adalah adanya perbedaan.

Nabi yang Bukan Rasul

Tidak semua nabi dan rasul disebutkan nama dan kisahnya dalam Al-Qur’an maupun hadits. Selain itu, ada beberapa tokoh yang dikenal dalam literatur Islam, tetapi status kenabiannya diperdebatkan, seperti Khidir, Luqman al-Hakim, Dzulqarnain, dan Maryam.

Namun, di antara nabi yang bukan rasul yang disebutkan dalam Al-Qur’an adalah:

  • Idris. Ia adalah nabi yang ditinggikan Allah ke tempat yang tinggi. Ia juga dikenal sebagai nabi yang pertama kali menulis.
  • Syu’aib. Ia adalah nabi yang diutus kepada kaum Madyan dan ‘Aikah. Ia juga dikenal sebagai nabi yang berbicara dengan fasih.
  • Yusuf. Ia adalah nabi yang memiliki kisah yang panjang dan menarik. Ia juga dikenal sebagai nabi yang tampan dan bijaksana.
  • Ismail. Ia adalah nabi yang menjadi putra Nabi Ibrahim. Ia juga dikenal sebagai nabi yang taat dan sabar.
  • Yahya. Ia adalah nabi yang menjadi putra Nabi Zakaria. Ia juga dikenal sebagai nabi yang zuhud dan berani.
BACA JUGA  Mengapa Kita Berbeda dengan Nabi Adam?

Itulah beberapa nabi yang bukan rasul yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih. 😊

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer