Ads - After Header

Jumlah Suhuf yang Diterima Nabi Idris AS

Arsita Hemi Kusumastiwi

Suhuf adalah wahyu yang diterima oleh nabi-nabi dan rasul Allah SWT yang dikumpulkan dan dicatat dalam bentuk semacam lembaran kertas, kulit onta, daun, dan sebagainya. Kumpulan suhuf yang disusun kemudian dinamakan sebagai kitab. Suhuf diturunkan kepada para nabi jauh sebelum diturunkannya Al Quran kepada Rasulullah SAW.

Salah satu nabi yang menerima suhuf adalah Nabi Idris AS. Beliau adalah nabi yang sangat pandai serta terkenal akan kesholehannya. Selain itu, kesabaran beliau juga luar biasa dalam menjalankan perintah Allah SWT. Dalam riwayatnya, beliau berkesempatan berjumpa dengan malaikat Izrail.

Menurut sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dzar ra., Nabi Idris AS menerima sebanyak 30 suhuf. Hadits ini berasal dari pertanyaan Abu Dzar ra. kepada Rasulullah SAW tentang jumlah kitab yang telah Allah turunkan. Rasulullah SAW menjawab:

مِائَةُ كِتَابٍ وَأَرْبَعَةُ كُتُبٍ أُنْزِلَ عَلَى شِيثٍ خَمْسُونَ صَحِيفَةً وَأُنْزِلَ عَلَى أَخْنُوخَ ثَلَاثُونَ صَحِيفَةً وَأُنْزِلَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ عَشَرُ صَحَائِفَ وَأُنْزِلَ عَلَى مُوسَى قَبْلَ التَّوْرَاةِ عَشَرُ صَحَائِفَ وَأُنْزِلَ التَّوْرَاةُ والإنجيل والزبور والقرآن

Artinya:

Ada 104 kitab. Diturunkan kepada Nabi Syits 50 suhuf, diturunkan kepada Nabi Idris 30 Suhuf, diturunkan kepada Nabi Ibrahim 10 suhuf, diturunkan kepada Nabi Musa sebelum taurat 10 suhuf. Allah juga menurunkan Taurat, Injil, Zabur, dan Al Quran.

Disebutkan juga bahwa suhuf yang diterima Nabi Idris AS berisikan tentang petunjuk, rahmat, dan penerang bagi kehidupan manusia. Setiap umat muslim wajib mempercayai adanya suhuf yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelum Rasulullah SAW.

Demikianlah artikel singkat dan objektif tentang jumlah suhuf yang diterima Nabi Idris AS. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang sejarah nabi-nabi dan rasul Allah SWT.

BACA JUGA  Siapa Sajakah Nabi dan Rasul Penerima Kitab-Kitab Allah?

: Nabi Penerima Suhuf yang Perlu Diketahui Umat Islam – detikNews
: Nabi yang Menerima Suhuf : Pengertian, Perbedaan, Cara menyampaikan
: Kitab Henokh – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
: Apa Itu Suhuf dalam Islam? Ini Penjelasan, Nabi dan Jumlah Suhuf yang Diterima – detikcom

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer