Ads - After Header

Berapa Lama Olahraga yang Ideal untuk Kesehatan Tubuh?

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Namun, berapa lama olahraga yang ideal untuk dilakukan setiap hari? Apakah ada perbedaan antara olahraga dengan intensitas sedang dan tinggi? Bagaimana cara menentukan waktu olahraga yang baik sesuai dengan jam tubuh alami kita? Artikel ini akan membahas hal-hal tersebut secara ringkas.

Durasi Olahraga yang Dianjurkan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), orang dewasa secara umum membutuhkan 150 – 300 menit olahraga dengan intensitas sedang atau 75 – 150 menit dengan olahraga intensitas tinggi per minggu . Hal ini berarti Anda bisa melakukannya selama 30 menit hingga 1 jam per hari. Setidaknya, lakukan latihan kekuatan otot selama 2 hari atau lebih dalam seminggu, sisanya lakukan aerobik, seperti joging, bersepeda, lompat tali, atau kardio.

Olahraga dengan intensitas sedang adalah olahraga yang membuat Anda masih dapat berbicara dengan leluasa saat berolahraga, tapi tidak “memiliki cukup napas” untuk bernyanyi. Contohnya adalah jalan cepat, bersepeda, berenang, dan naik gunung. Olahraga dengan intensitas tinggi adalah olahraga yang membuat Anda hanya dapat berbicara dengan terengah-engah dimana kalimat Anda akan terpotong karena Anda harus menarik napas. Contohnya adalah lari, pekerjaan kebun berat, dan tari aerobik.

Waktu Olahraga yang Baik

Waktu olahraga yang baik juga dipengaruhi oleh jam tubuh alami kita atau ritme sirkadian. Jam tubuh alami ini berfungsi untuk mengatur waktu tubuh kapan harus makan, tidur, bangun, atau melakukan berbagai aktivitas lainnya. Berolahraga pada waktu ritme sirkadian otot membuat gerakan menjadi lebih efektif. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jam alami otot menjalankan fungsinya.

BACA JUGA  Dari Mana Dana Membangun Lapangan Olahraga Sekolah Negeri?

Ada dua waktu olahraga yang baik yang bisa Anda pilih, yaitu pagi hari dan sore hari. Berikut adalah penjelasannya:

  • Olahraga pagi hari bikin aktivitas terasa lebih segar. Berolahraga pada pagi hari bisa membantu Anda dalam memulai aktivitas lebih awal pada hari berikutnya. Artinya, Anda bisa merasakan tubuh lebih segar selama satu hari penuh dan siap berolahraga lebih cepat setelah bangun tidur daripada saat sore atau malam hari. Olahraga pagi hari juga bisa mengurangi keinginan makan manis berlebih, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan aktivitas fisik sepanjang hari. Sebelum sarapan adalah waktu terbaik berolahraga pagi hari sebab bisa membakar lemak hingga 20% lebih banyak.
  • Olahraga sore jika sibuk beraktivitas. Jika Anda tidak sempat berolahraga di pagi hari, Anda bisa melakukannya di sore hari. Waktu olahraga yang baik di sore hari adalah antara pukul 15.00 hingga 18.00. Pada waktu ini, suhu tubuh dan detak jantung mencapai puncaknya, sehingga Anda bisa berolahraga dengan lebih kuat dan tahan lama. Olahraga sore hari juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak dan mengurangi stres.

Kesimpulan

Olahraga adalah kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Durasi olahraga yang ideal untuk orang dewasa adalah 150 – 300 menit dengan intensitas sedang atau 75 – 150 menit dengan intensitas tinggi per minggu. Waktu olahraga yang baik adalah pagi hari atau sore hari sesuai dengan jam tubuh alami kita. Pilihlah olahraga yang Anda sukai dan sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Selamat berolahraga!

: Waktu Olahraga yang Baik, Kapan dan Berapa Lama? – Hello Sehat
: Berapa Lama Olahraga yang Dianjurkan untuk Orang Dewasa? – Hello Sehat

BACA JUGA  Kenapa Berat Badan Tidak Turun Padahal Sudah Diet dan Olahraga?

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer