Ads - After Header

Cara Nabi Membaca Sholawat dan Keutamaannya

Arsita Hemi Kusumastiwi

Sholawat adalah doa dan pujian yang kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai bentuk penghormatan, pengagungan, dan kecintaan kita kepada beliau. Allah SWT sendiri telah memerintahkan kita untuk bersholawat kepada Nabi SAW dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56. Selain itu, bersholawat kepada Nabi SAW juga memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah mendapatkan syafaat beliau di hari kiamat, mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapuskan dosa-dosa, dan menambah rezeki.

Lantas, bagaimana cara Nabi SAW membaca sholawat? Apakah ada bacaan sholawat yang diajarkan oleh beliau sendiri? Jawabannya adalah ada. Dalam beberapa hadits, Nabi SAW telah mengajarkan kepada kita bacaan sholawat yang benar dan sesuai dengan sunnah beliau. Berikut adalah beberapa contoh bacaan sholawat yang bersumber dari hadits Nabi SAW.

Bacaan Sholawat Nabi yang Benar Sesuai Sunnah

1. Sholawat Ma’tsuroh

Sholawat ma’tsuroh adalah sholawat yang bersumber langsung dari Allah SWT dan keutamaannya ditujukan untuk Nabi SAW. Sholawat ini disebut juga sholawat ibrahimiyyah, karena mengandung doa untuk keluarga Nabi Ibrahim AS. Berikut adalah bacaan sholawat ma’tsuroh yang diajarkan oleh Nabi SAW.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكَتْ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ

Allaahumma shalli ‘alaa muhammadin ‘abdika wa rasuulikan, kamaa shallayta ‘alaa ibraahiima, wa baarik ‘alaa muhammadin, wa ‘alaa aali muhammadin, kamaa baarakta ‘alaa ibraahiima

Ya Allah, limpahkanlah sholawat buat Muhammad, hamba dan Rasul-Mu, sebagaimana telah Engkau limpahkan sholawat buat keluarga Ibrahim. Dan limpahkanlah berkah untuk Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah limpahkan berkah buat keluarga Ibrahim.

BACA JUGA  Mengapa Nabi Muhammad Diutus di Bangsa Arab?

2. Sholawat Thibbil Qulub

Sholawat thibbil qulub adalah sholawat yang mengandung doa untuk penyembuhan hati dan badan. Sholawat ini diriwayatkan oleh Imam Asy-Syafi’i dalam kitabnya Al-Umm. Berikut adalah bacaan sholawat thibbil qulub.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa ‘alâ âlihî wa shahbihî wa sallim

Ya Allah, berikanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.

3. Sholawat Al-Fatih

Sholawat al-fatih adalah sholawat yang mengandung doa untuk pembukaan pintu-pintu kebaikan dan penutupan pintu-pintu keburukan. Sholawat ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal dalam kitabnya Al-Musnad. Berikut adalah bacaan sholawat al-fatih.

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ

Allâhumma shalli wa sallim wa bârik ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin al-fâtih li mâ ughliqa wal khâtim limâ sabaqa wan nâshiril haqqi bil haqqi wal hâdî ilâ shirâthikal mustaqîm

Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam, dan berkah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sang pembuka apa yang tertutup dan penutup apa yang telah berlalu, penolong kebenaran dengan kebenaran, dan pemberi petunjuk kepada jalan yang lurus.

Kesimpulan

Bersholawat kepada Nabi SAW adalah perintah Allah SWT yang memiliki banyak keutamaan bagi kita. Nabi SAW sendiri telah mengajarkan kepada kita cara membaca sholawat yang benar dan sesuai dengan sunnah beliau. Beberapa contoh bacaan sholawat yang bersumber dari hadits Nabi SAW adalah sholawat ma’tsuroh, sholawat thibbil qulub, dan sholawat al-fatih. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa bersholawat kepada Nabi SAW dengan penuh penghormatan, pengagungan, dan kecintaan. Aamiin.

BACA JUGA  Apakah Habib Rizieq Shihab Keturunan Nabi Muhammad SAW?

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer