Ads - After Header

Siapa Firaun yang Hidup Bersamaan dengan Nabi Musa?

Dwi Cahyo Ferdiansyah

Firaun adalah gelar yang diberikan kepada para penguasa Mesir Kuno yang memerintah selama lebih dari 3.000 tahun. Dalam Al-Quran, nama Firaun disebutkan lebih dari 70 kali dan dikenal sebagai tokoh yang menentang Nabi Musa dan kaum Bani Israil. Firaun digambarkan sebagai seorang tiran yang menganggap dirinya sebagai tuhan dan menyiksa orang-orang yang beriman. Firaun juga diceritakan tenggelam di Laut Merah bersama pasukannya ketika mengejar Nabi Musa yang melarikan diri dari Mesir.

Namun, Al-Quran tidak menyebutkan secara spesifik nama Firaun yang hidup pada zaman Nabi Musa. Para ulama dan ahli sejarah masih memperdebatkan siapa sebenarnya Firaun yang dimaksud dalam Al-Quran. Berdasarkan beberapa dalil dan bukti sejarah, ada dua kandidat yang paling kuat, yaitu Ramses II dan Merneptah. Keduanya adalah Firaun dari dinasti ke-19 yang memerintah pada abad ke-13 SM, masa yang diperkirakan sebagai zaman Nabi Musa.

Ramses II: Firaun yang Paling Berkuasa dan Berpengaruh

Ramses II adalah Firaun yang memerintah Mesir dari tahun 1279-1213 SM. Ia adalah Firaun ketiga dari dinasti ke-19 dan merupakan salah satu Firaun paling berkuasa dan berpengaruh dalam sejarah Mesir Kuno. Ramses II memulai pemerintahannya pada usia 25 tahun dan memerintah selama 66 tahun, menjadikannya sebagai Firaun yang paling lama memerintah.

Ramses II dikenal sebagai seorang pemimpin militer yang berhasil mempertahankan dan memperluas wilayah Mesir. Ia juga dikenal sebagai seorang pembangun yang mendirikan banyak monumen, kuil, dan prasasti yang memuji kejayaan dan keagungan dirinya. Salah satu karya arsitektur yang paling terkenal dari Ramses II adalah Abu Simbel, sebuah kompleks kuil yang dipahat di tebing batu dan memiliki empat patung raksasa Ramses II di depannya.

Ramses II juga dikenal sebagai seorang ayah yang memiliki banyak anak. Ia diketahui memiliki sekitar 200 istri, selir, dan anak. Salah satu anaknya adalah Merneptah, yang menjadi Firaun setelah Ramses II wafat. Ramses II dimakamkan di Lembah Para Raja, sebuah tempat pemakaman khusus untuk para Firaun dan bangsawan Mesir Kuno.

BACA JUGA  Strategi Dakwah Nabi Muhammad SAW

Merneptah: Firaun yang Mengaku Menghancurkan Bani Israil

Merneptah adalah Firaun yang memerintah Mesir dari tahun 1212-1202 SM. Ia adalah Firaun keempat dari dinasti ke-19 dan merupakan anak ke-13 dari Ramses II. Merneptah naik tahta pada usia 60 tahun setelah kematian ayahnya. Merneptah memerintah selama 10 tahun dan melanjutkan kebijakan militer dan pembangunan ayahnya.

Merneptah dikenal sebagai Firaun yang mengklaim telah menghancurkan Bani Israil, sebuah suku yang diyakini sebagai leluhur bangsa Yahudi. Klaim ini tertulis dalam sebuah prasasti yang ditemukan di Karnak, sebuah kompleks kuil yang didedikasikan untuk dewa Amun. Prasasti ini dikenal sebagai Prasasti Merneptah atau Prasasti Israel, karena merupakan catatan tertua yang menyebut nama Israel dalam sejarah.

Prasasti Merneptah berisi tentang kemenangan Merneptah atas berbagai bangsa yang menyerang Mesir, termasuk Libya, Nubia, dan Kanaan. Dalam salah satu barisnya, prasasti ini menyatakan:

"Israel telah hancur, tanahnya menjadi sunyi. Tidak ada lagi keturunannya."

Baris ini menimbulkan banyak spekulasi dan kontroversi di kalangan para ahli. Beberapa ahli berpendapat bahwa baris ini membuktikan bahwa Bani Israil sudah ada di Kanaan sebelum Nabi Musa membawa mereka keluar dari Mesir. Beberapa ahli lain berpendapat bahwa baris ini hanya merupakan propaganda politik Merneptah untuk menunjukkan kekuasaannya. Beberapa ahli lagi berpendapat bahwa Israel yang dimaksud bukanlah sebuah bangsa, melainkan sebuah kelompok nomaden yang tidak memiliki tanah.

Merneptah dimakamkan di Lembah Para Raja, dekat dengan makam ayahnya. Makamnya ditemukan pada tahun 1898 dan menjadi salah satu makam Firaun yang paling utuh dan terawat.

Perbandingan antara Ramses II dan Merneptah

Kriteria Ramses II Merneptah
Gelar Usermaatre Setepenre, yang berarti "Ra yang kuat adalah kepuasan Ra" Baenre Merynetjeru, yang berarti "Jiwa Ra yang kuat, yang dicintai oleh dewa"
Masa pemerintahan 1279-1213 SM 1212-1202 SM
Hubungan keluarga Anak dari Seti I dan Tuya, ayah dari Merneptah Anak dari Ramses II dan Isetnofret, ayah dari Seti II
Prestasi militer Mengalahkan bangsa Het, Nubia, Libya, dan Suriah Mengalahkan bangsa Libya, Nubia, Kanaan, dan Israel
Prestasi pembangunan Membangun Abu Simbel, Ramesseum, Pi-Ramses, dan banyak kuil dan prasasti lainnya Membangun kuil-kuil di Memphis, Thebes, dan Karnak, serta Prasasti Merneptah
Jumlah anak Sekitar 200 Sekitar 10
BACA JUGA  Apa Hikmah Mempelajari Peristiwa Kerasulan Nabi Muhammad?

Kesimpulan

Firaun adalah gelar yang diberikan kepada para penguasa Mesir Kuno yang hidup selama lebih dari 3.000 tahun. Dalam Al-Quran, Firaun disebutkan sebagai tokoh yang menentang Nabi Musa dan kaum Bani Israil. Firaun juga diceritakan tenggelam di Laut Merah bersama pasukannya ketika mengejar Nabi Musa yang melarikan diri dari Mesir.

Al-Quran tidak menyebutkan secara spesifik nama Firaun yang hidup pada zaman Nabi Musa. Para ulama dan ahli sejarah masih memperdebatkan siapa sebenarnya Firaun yang dimaksud dalam Al-Quran. Berdasarkan beberapa dalil dan bukti sejarah, ada dua kandidat yang paling kuat, yaitu Ramses II dan Merneptah. Keduanya adalah Firaun dari dinasti ke-19 yang memerintah pada abad ke-13 SM, masa yang diperkirakan sebagai zaman Nabi Musa.

Ramses II adalah Firaun yang paling berkuasa dan berpengaruh dalam sejarah Mesir Kuno. Ia dikenal sebagai seorang pemimpin militer yang berhasil mempertahankan dan memperluas wilayah Mesir. Ia juga dikenal sebagai seorang pembangun yang mendirikan banyak monumen, kuil, dan prasasti yang memuji kejayaan dan keagungan dirinya. Salah satu karya arsitektur yang paling terkenal dari Ramses II adalah Abu Simbel, sebuah kompleks kuil yang dipahat di tebing batu dan memiliki empat patung raksasa Ramses II di depannya.

Merneptah adalah Firaun yang mengklaim telah menghancurkan Bani Israil, sebuah suku yang diyakini sebagai leluhur bangsa Yahudi. Klaim ini tertulis dalam sebuah prasasti yang ditemukan di Karnak, sebuah kompleks kuil yang didedikasikan untuk dewa Amun. Prasasti ini dikenal sebagai Prasasti Merneptah atau Prasasti Israel, karena merupakan catatan tertua yang menyebut nama Israel dalam sejarah

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer